Pengikut

3 Fakta Mengapa Batik Harus Kamu Miliki

Kain Batik, sumber : google
Tiga fakta mengapa batik harus kamu miliki. Batik merupakan salah satu budaya dari Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi. Batik dari Indonesia memiliki ciri khas dan sangat melekat dengan tingkat sosial pada masa dahulu. Walau seni lukis kain ini bukan berasal asli dari Indonesia dan bisa ditemukan di beragam negara lain, yang asli dari Indonesia adalah sebutan seni lukis ini, batik. Batik sendiri berasal dari kalimat Jawa kuno, amba yang artinya untuk menulis dan dot yang berarti titik. Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa batik adalah sebuah media untuk menulis sebuah cerita atau kisah yang memiliki makna mendalam. Hal ini bisa terlihat dari batik masing-masing daerah yang memiliki gaya dan motif berbeda serta motif tersebut sangat dipengaruhi oleh selera warna, tumbuhan, hewan dan keadaan alam di masing-masing daerah tersebut. Nilai sejarah Batik yang sangat lekat dengan Indonesia membuat seni ini tidak boleh lepas dari negeri ini. Untuk itu, memakai batik pada hari tertentu diwajibkan agar batik tersebut tetap lestari. Namun, hanya menggunakannya tanpa mengetahui mengapa kita harus memakai batik akan membuat kita hanya sekedar mengenakan. Sebenarnya apa sih yang membuat kita harus memiliki batik?

1. Batik Merupakan Warisan Budaya
Seperti yang sudah dikatakan pada paragraf diatas, batik sangat kental dengan budaya Indonesia. Masing-masing daerah memiliki motif batiknya sendiri, cara pembuatan batik hingga makna yang terkandung di dalam batik-batik tersebut. Disebut warisan budaya, karena di dalam batik tersebut mengandung nilai-nilai dari keberagaman pemikiran dan budaya Indonesia. Dengan melihat batik-batik tersebut, sudah seharusnya kita sudah mengerti pesan atau makna dari batik tersebut.

2.Batik adalah Salah Satu Identitas Bangsa Sebuah identitas akan hilang bila tidak dijaga atau dilestarikan keberadaannya. Sama seperti batik dan hasil budaya lainnya yang telah menjadi apa yang disebut Indonesia. Identitas sendiri bermakna sebuah ciri atau keadaan khusus seseorang atau seseuatu. Tanpa adanya identitas, seseorang atau sesuatu itu tidak akan dapat dikenali. Kita telah memiliki sebuah identitas yang telah menempel selama beratus-ratus tahun yang dihasilkan oleh nenek moyang. Untuk menghormati dan memberikan rasa terima kasih, tidak ada salahnya kita mempelajari sejarah dan batik itu sendiri agar bisa semakin mengenali Indonesia itu sendiri.

3. Batik Diambang Kepunahan
Selain binatang, batik juga sedang berada di dalam jurang kepunahan. Batik yang dulunya sangat "diagungkan" oleh orang-orang Indonesia, karena mencerminkan sebuah kebudayaan yang tinggi, kini batik hanya dianggap sebelah mata oleh banyak anak muda. Hal ini membuat batik berada di dalam kepunahan di tempat ia diciptakan. Sebuah ironi yang telah terjadi di bangsa ini. Memakai batik hanya sekedar memakai tanpa mengetahui apa arti goresan batik itu. Apakah kita ingin kembali kehilangan salah satu hasil budaya, karena sudah tidak lagi dilestarikan oleh orang-orangnya sendiri?

Fakta-fakta tersebut tentunya akan membuat sebagian orang menjadi sinis dan tetap tidak perduli. Diantara banyaknya orang yang sudah meninggalkan batik sebagai esensi dari Indonesia, ada beberapa orang yang terus berjuang agar batik tetap lestari dan bisa dinikmati hingga nanti. Sudah ada banyak batik berkualitas nomor satu yang menyesuaikan dengan tren fashion saat ini. Disamping pabrik batik seperti di Indramayu, Yogyakarta dan pusat batik lainnya, terlahirlah banyak terobosan-terobosan baru agar batik bisa tetap bertahan salah satunya adalah Sanubari Batik. Online shop ini menyediakan beragam desain batik yang modern dan cocok untuk penggunaan batik sehari-hari. Masih ada banyak lagi desainer-desainer muda hingga pengrajin batik yang berjuang agar batik tetap lestari dan menjadi identitas bangsa Indonesia. Yuk, permudah perjuangan mereka dengan menggunakan batik dan melestarikannya. 



23 komentar:

  1. sekarang udah banyak anak muda yang suka batik,soalnya didesain dengan cantik dan warnanya juga warna warni...

    BalasHapus
  2. sebaiknya mungkin kita belajar bikin batik juga ya ^__^, oya salam kenal mbak saya winda blogger bogor :))

    BalasHapus
  3. aku juga pecinta batik kok mbaaak....hemm sukaa kekayaan budaya lokal :)

    BalasHapus
  4. Batik itu meski banyak jenis ttp aja ga pasaran motifnya.. saking banyaknya ragam nya ya.. love Indonesia..

    BalasHapus
  5. Batik itu meski banyak jenis ttp aja ga pasaran motifnya.. saking banyaknya ragam nya ya.. love Indonesia..

    BalasHapus
  6. suka batik sekarang modis2

    BalasHapus
  7. yuhuuuuu, gaungkan batik lebih kencang lagi, semangaattt

    BalasHapus
  8. Saya sudah mewajibkan diri sendiri untuk memakai batik tiap hari jumat

    BalasHapus
  9. Baca postingan ini jadi inget saya masih punya kain batik dari sulawesi,, dibikin apaan ya, nyari model dulu ah buat dijahit :D

    BalasHapus
  10. Yang pasti, meski 'katanya' bantik hampir punah saya tetap mencintainya. :)

    BalasHapus
  11. Dulu waktu masih kerja tiap gajian beli batik :D

    BalasHapus
  12. kemejaku kebanyakan batik *cinta*

    BalasHapus
  13. jadi nengok lemari, batikku pada kemana yaaa

    BalasHapus
  14. aku dan suami termasuk pengemar batik... mayoritas baju kami batik, baik buat di rumah, santai atau resmi

    BalasHapus
  15. Sekarang banyak kreasi baju batik yang bagus-bagus ya :D

    BalasHapus
  16. Kalo saya emang harus punya batik, hehehe, soalnya dipake buat ngajar di sekolah dan kegiatan2 organisasi lainnya :D

    BalasHapus
  17. Aku juga suka batik Mbak. Apalagi modelnya sekarang bagus-bagus. Acara apa aja jd cocok, ga selalu formal.

    BalasHapus
  18. saya suka dengan batik, lebih suka kalo dipake rok atau jarik. meski gak begitu suka koleksi tp kalo mampir ke tamcit suka beli soalnya murah hehe

    BalasHapus
  19. pake batik bikin keliatan elegan kalo kataku...
    palagi yang potongannya pas di badan ya tis

    BalasHapus
  20. Kedepan batik akan kembali menjadi sebuah trend kok... Pemerintah dan masyarakat sudah mulai saling dukung untuk mengembangkan batik
    Daerahnya masing masing...

    BalasHapus
  21. Untuk acara - acara formal aku juga suka pakai batik.

    BalasHapus
  22. Saya suka batik, apalagi batik garutan, biarpun harganya mahal, meski saya punya. Soalnya coraknya mantep.

    BalasHapus
  23. Iya betul batik memang harus kita lestarikan, karena kalau bukan kita - siapa lagi? Mudah-mudahan nanti akan ada pakaian batik modern yang dijual di online shop seperti di sini.

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D