Pengikut

Budaya Gotong Royong

Gotong royong itu milik Indonesia? Ya, karena hanya di Indonesia kita temukan budaya ini, budaya yang mengajarkan tentang kebersamaan dan kepeduliaan terhadap orang lain. Gotong royong juga mencerminkan bahwa manusia sebagai makhluk sosial, di mana manusia memerlukan bantuan orang lain dan hidup bermasyarakat.

Ya, hal ini lumrah terjadi tanpa adanya budaya gotong royong kita tidak akan bisa menyelesaikan suatu pekerjaan yang berat dan di mana pekerjaan itu memerlukan tenaga manusia yang banyak. Kegiatan gotong royong itu bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya : di saat lagi bangun rumah saat tahap pengecoran pasti membutuhkan bantuan tenaga tetangga, saat-saat seperti ini sangat diperlukan kebersamaan dan kerjasama nya dalam menyelesaikan kegiatan pengecoran tanpa memakan waktu yang lama. Selain itu kegiatan gotong royong itu sering kita temukan di saat saya duduk dibangku SD, masih inget dipikiran saya di mana saat bulan Agustus tiba, pasti akan ada lomba tentang kebersihan kelas dan lomba-lomba lainnya yang memerlukan kerjasama dan bantuan orang lain, seperti pada lomba kebersihan, kita saling membagi tugas, ada yang menyapu, mengepel atau mengelap jendela yang debunya banyak sekali , nah di sini letak manfaatnya gotong royong, selain kita bisa menghemat waktu dan juga merasakan kebersamaan dengan orang lain dan memahami sikap orang lain juga.

Atau di lingkungan rumah, pasti sudah mendengar kegiatan kerja bakti, di mana kegiatan ini selain tujuan utamanya membersihkan selokan / got yang mampet karena sampah, kegiatan ini juga bentuk gotong royong yang masih diterapkan di perkotaan, ya selain itu kegiatan gotong royong ini juga mengakrabkan warga sekitarnya karena semuanya berbaur tanpa mengenal kedudukan sosialnya semuanya jadi satu ngumpul dan bergotong royong dalam rangka membersihkan saluran got sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan gotong royong ini juga mempererat tali silahturahmi. Contoh lainnya gotong royong masih banyak, kalian pasti mengetahuinya dan saya hanya share secuil saja. Mari hidupkan kembali budaya Indonesia, budaya yang mengajarkan tentang kepeduliaan, kebersamaan dan kerjasama dengan orang lain sehingga menghasilkan kualitas tali silahturahmi yang lebih baik lagi.

Kenapa saya sangat tertarik mengambil judul postingan Budaya Gotong Royong karena saya melihat blognya Mbak Enny yang membahas tentang Gotong Royong ? karena artikel ini mendorong kita sebagai manusia yang makhluk sosial ini untuk saling membantu dengan lainnya, karena manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan dari orang lain, selain itu tulisan ini juga mengajarkan kita tentang budaya yang ada di Indonesia dan kembali menghidupkan lagi, jangan sampe tergerus oleh zaman dan melupakannya. Melalui budaya ini kita diingatkan lagi untuk hidup bertetangga dengan baik karena kalau kita terkena musibah atau sakit, tetangga lah yang akan menolong kita pertama melalui gotong royong tersebut.

Kalau menurut saya, blog Pelangiku sudah bagus sekali itu terlihat dari segi penulisan yang mudah di baca oleh pembaca , kata-kata yang digunakan sederhana namun tetap memperhatikan EYD serta template yang simple sehingga membuat kami para blogwalking tidak sakit mata dan membuat enjoy dalam membaca tulisannya. Dan saran saya untuk blog Pelangiku,ditambah lagi artikel tentang kuliner atau jalan-jalannya, siapa tahu bisa jadi referensi pembacanya yang suka dengan kuliner dan jalan-jalan, dan di tambah lagi mbak pojok tulisannya mengenai topik yang lagi hangat yang beredar di dunia maya (tentunya ada segi postif juga nilai nya) dan tulisan tentang motivasi hidup, saya tunggu.






6 komentar:

  1. budaya gotong royong sudah agak menurun, nih, sedih yaaa...

    semoga sukses dan menang GA-nya yaaa

    salam manis,
    Arga Litha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..zaman sekarang sudah mulai luntur hiksss..

      iya..semoga mbak..terima kasih untuk supportnya :)

      Hapus
  2. trimakasih mb sdh ikutan GAku..

    Terdaftar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Enny ,terima kasih sudah mampir ke sini ^^

      Hapus
  3. Budaya yang sudah semakin tergeser, kikisan-kikisan itu nyata, saat kita tak lagi mampu menatap ke kiri ke kanan, dimana tetangga kita sendiri perlu bantuan kita, melintas bagai udara, tanpa hirau akan perih disekeliling kita..... :( semoga itu tidak jadi budaya yang hilang dan terabaikan....

    jgn lupa mampir ke Ciniki Ronk ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..semoga tulisan saya bisa membangkitkan kembali rasa "gotong royong" lagi ^^

      siaaaappp..ke tkp blog ^^

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D