Pengikut

Introvert Vs Ekstrovert

Tidak terasa ya waktu semakin ke sini semakin cepat berputarnya? setuju kan? :) . Rasanya 24 jam itu kurang bagi mereka yang sibuk dan akan terasa lebih lama karena tidak memiliki kesibukan yang menyita waktunya seperti hal nya dengan saya hehehe. Oh ya, pada postingan ini saya akan membahas tentang Introvert Vs Ekstrovert (versi saya). Sudah banyak artikel atau tulisan yang membahas tema ini jika kalian mengoogling, namun di sini saya akan membahas dengan versi saya sendiri namun tujuannya sama.

Jujur saja, awalnya saya tidak mengenal arti dari kata Introvert atau Ekstrovert. Nah, saya baru mengetahui setelah saya online twitter, ada salah satu media ketika itu judul artikel nya "Kenali Pribadi Anda , Apakah Termasuk Introvert atau Ekstrovert? nah langsung saja saya klik itu link nya, dan setelah saya baca ternyata itu toh artinya. Nah ! di sini saya akan share tentang pandangan saya tentang Introvert dan Ekstrovert :

Introvert adalah pribadi yang tertutup, dan sangat menyenangi kesendirian dalam arti jika berada di lingkungan baru maka pribadi yang introvert lebih suka menyendiri bukan karena tidak mau bergaul dengan lingkungan baru namun mereka butuh penyesuaian dalam waktu yang tidak sebentar ibaratnya semuanya perlu proses dan pribadi introvert ini bukan tipe orang yang sksd di lingkungan baru. Apakah pribadi introvert ini pemalu? ah kurasa  tidak, cuma (mereka) hanya kaget saja dengan keberadaan "orang asing", dalam arti orang asing di sini adalah orang baru yang tidak dikenal olehnya dan perlu namanya adaptasi.

Selain itu seorang introvert itu hanya berbagi cerita dengan orang tertentu saja jadi beruntung lah kalian jika pribadi inrovert ini bercerita, namun pribadi introvert itu adalah pendengar yang baik loh dan bisa menjaga sikap yang tenang jika ada permasalahan mungkin karena sikapnya yang pendiam. Di samping sikapnya yang menyendiri tidak sepenuhnya pribadi introvert ini menyendiri di suatu tempat atau tidak mau membuka diri terhadap yang lain nya , mereka juga haus akan informasi misalnya mereka berteman setia dengan membaca buku.


Setelah membahas introvert selanjutnya mari membahas ekstrovert, ekstrovert itu lawan dari introvert dengan kata lain ekstrovert adalah pribadi yang terbuka di mana mereka akan sigap jika berada di lingkungan baru dan mudah bersosialisasi dengan yang lain, selain pembawaannya yang terbuka sikap ekstrovert ini ceria dan pandai berbicara, tidak salah jika mereka dikenal sebagai pemimpin namun pribadi ekstrovert ini kadang suka emosi karena tidak bisa mengendalikan perasaannya dan sangat popular / terkenal dibanding introvert karena jiwa sosialisasi mereka sangat bagus dalam komunikasi serta cepat akrab dengan orang baru.


Kalau di tanya sama orang, kamu itu termasuk pribadi ekstrovert atau introvert sih? saya akan menjawab : tergantung lingkungannya, kenapa? jika saya berada di lingkungan baru saya termasuk pribadi yang introvert  dan saya butuh penyesuaian diri dengan lingkungan baru dan perlu waktu,  jika saya berada di lingkungan yang sudah saya kenal maka saya akan bersikap ekstrovert karena saya sudah nyaman dengan mereka dalam arti ngobrol dan berbagi ceritanya. Bukannya plin plan tapi inilah diri saya, bisa menjadi introvert atau ekstrovert tergantung lingkungannya. Namun jika kalian sudah mengenal saya lebih dekat lagi dan akrab, pasti kalian mengetahui jawabannya.

Kalau kalian introvert atau ekstrovert? :D

28 komentar:

  1. Menarik nih artikelnya.. nice y ...
    di tunggu follbacknya and comentnya...
    http://cspbfederation.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ^^..Sipp meluncur ke sana :D

      Hapus
  2. Salam kenal

    IMO introvert & ekstrovert itu bukan sebuah sifat yang sifatnya saklek/mutlak/pasti tapi dinamis bisa berubah2 sesuai dgn perkembangan dari yang bersangkutan, atau lingkungan sekitarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ! saya juga seperti itu tergantung di mana kita memposisikan diri kita dalam suatu lingkungan ^^

      Hapus
  3. Kadang introvert kadang juga ekstrovert nih
    Kadang suka menyendiri kadang juga suka bergaul dan maen bareng kawan-kawan kemana-mana.
    Kalo begini aku masuk tipe yang mana? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti dirimu tergantung dengan lingkungannya (kondisinya) :D

      Hapus
    2. Kadang tu suka males keluar apalagi kalo udh di depan leptop dan buka blog. Wah pasti ngoprek tuh. Bisa dari pagi ke pagi lagi kalo hari libur

      Hapus
    3. Ya..mungkin itu hobby para blogger, jadi seharian menatap layar pc mulu hehehe

      Hapus
  4. aku kayanya introvert dehh..
    cuma betuul tergantung lingkungan juga, kalo dah pada kenal dekat banget baru bisa menjadi pribadi ekstrovert :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh Nchie saya juga seperti itu bisa jadi introvert atau ekstrovert (disesuaikan dengan lingkungannya).

      Hapus
  5. Hi Mba Titis..aku dua-duanya dech..atau tergantung mood

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Astin ^^, wah benar ya mbak mood itu berpengaruh ya :)

      Hapus
  6. ini artikel ke 2 yang pernah gua baca tentang tema itu.. penulisan yang gampang dimengerti dari pada artikel sebelumnya yang gua baca *kagak lagi muji juga* :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha...terima kasih sudah berkunjung ya :)

      Hapus
  7. saya ekstrovert, ga bagus ya....., bis saya gak bisa jadi pendiam mbak...kyaknya kombinasi keduanya lebih bagus ya... sesuai sikon aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya, bagus gak bagus seseorang menjadi introvert atau ekstrovert tergantung keadaan mbak :) , betul di kombinasikan saja :D

      Hapus
  8. Balasan
    1. Hehehe, semoga nyaman ya mbak dengan introvertnya.

      Hapus
  9. Gimana kalau kita saling kenal lebih jauh dulu, baru mikirin tentang introvert dan ekstrovert. hehehehehe

    BalasHapus
  10. Jujur sebenernya sayapun tidak tahu Introvert atau Ekstrovert itu apa, tapi setelah membaca yang ini sekarang jadi tau,,,
    anehnya masih bingun aku ini termasuk yang mana yah heheehee :/
    Nice post :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ya :)

      Hayooo...jawabannya ada di diri sendiri kok hehe

      Hapus
  11. Saya juga kadang jadi introvert dan kadang jadi ekstrovert . Tergantung situasi heheh

    BalasHapus
  12. sepertinya saya extrovert atau introvert hihihi

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D