Pengikut

Negeri atau Swasta

Halooooooooooooo para pembaca atau pengunjung yang bermain ke blog Seuntai kata dan tulisan ^^. Oh iya, untuk kesempatan ini saya akan sharing tentang fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari antara Negeri atau swasta? Hemm sebenarnya ini hal yang sepele sih namun bisa menjadi bahasan yang tak kunjung selesai jika tidak ada titik temunya. Tidak ingin untuk membandingkan, cuma ingin tahu saja pendapat teman-teman, kalau kalian lebih memilih untuk memperoleh pendidikan di negeri atau swasta??

Pendidikan adalah faktor penentu seseorang untuk mendapatkan kehidupan yang layak di masa mendatang, kenapa? Ya, karena pendidikan adalah sumber utama dalam kita mengarungi kehidupan ini, seiring berkembang pesatnya teknologi, manusia diwajibkan untuk mengenyam pendidikan sebelum memasuki era yang dimana kita dituntut untuk bisa mengaplikasikan ilmu pendidikan ke dunia industri dll. Oleh karena itu, di Indonesia sendiri mewajibkan untuk mengenyam pendidikan selama 12 tahun, mengenyam pendidikan selama 12 tahun bertujuan untuk mempermudah generasi / sebagai modal utama sebelum memasuki dunia kerja. Namun dalam pelaksanaannya hal tersebut tidak merata, kita sering melihat melalui media televisi bahwa masih ada daerah di Indonesia khususnya daerah terpencil tidak menikmati bangku sekolah hingga 12 tahun atau hingga tamat di Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan. Miris sekali !

Sebelum kita memutuskan untuk mengenyam pendidikan di sekolah, pasti kita sering memikirkan untuk bersekolah di negeri atau swasta kan? Alhamdulilah selama saya bersekolah saya diberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di sekolah negeri hingga perguruan tinggi pun juga. Rasanya seperti bangga, namun saingan juga semakin berat karena banyak murid-murid yang pintar dan berkualitas pula. Untuk di zaman sekarang sepertinya sekolah di negeri atau swasta sepertinya sama saja ya, ada yang negeri namun muridnya tidak bisa memanfaatkan fasilitas sekolah dengan sebaik-baiknya, malah makin miris ketika sebagian murid  sekolah negeri kadang ikut berkontribusi juga ketika ada aksi tawuran, ataupun sekolah swasta juga demikian. Sekolah di negeri atau swasta menurut saya pribadi berbeda, dalam hal "rasa", kalau di negeri sepertinya ada rasa bangga apalagi jika bisa bersekolah di tempat favorit, namun sekarang banyak juga sekolah swasta yang kualitas pendidikan melebihi sekolah negeri dan sekolah swasta yang berkualitas  juga sudah menjamur, untuk mutu pendidikannya sangat bagus dan keren. 

Namun, selepas ingin bersekolah di negeri atau swasta, itu kembali lagi ke pribadi masing-masing, pintar atau tidaknya murid tergantung sama kita sendiri, sekolah di negeri atau swasta itu hanya status tapi untuk kurikulum ada yang berbeda, namun tujuan mereka semua baik yaitu mendidik generasi muda menjadi pemuda-pemudi Indonesia yang berkualitas di dunia pekerjaan ataupun di dunia usaha.


Kalau kalian lebih memilih sekolah negeri atau swasta, kenapa alasannya? Yuk sharing :)


16 komentar:

  1. gue dari dulu sampe kuliah swasta mulu -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaaaa :| semoga nanti pas kuliah bisa di negri. amiin :)

      Hapus
    2. OM DEGE : gak p2, intinya masih bisa bersekolah :)
      Dini : Aamiin, semoga tercapai keinginannya :)

      Hapus
  2. Sekolah Negri atau swasta sama aja. Tujuannya untuk memanusiakan manusia. heheheh

    www.echa-si.cowok-feminim.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, memanusikan manusia untuk mengarah ke ilmu pengetahuan :)

      Hapus
  3. setujuu :)
    negeri atau swasta sama saja, tinggal bagaimana kita niatnya. mau mencariilmu atau mencari gengsi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, mencari ilmu juga tidak harus melihat negeri atau swasta, intinya kita bisa menyerap ilmu tersebut dan bisa mengamalkan ke orang lain juga :)

      Hapus
  4. negri sama swasta klo dulu bedanya di harga tapi sekarang sekolah negri malah lebih mahal negri.
    klo ada kesempatan gw pengen bgt kuliah di luar negri, sekalian memperdalam bahasa asing juga pengen jalan2 he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain beda harga, ada juga yang beda kualitasnya hehehe. Wih mantep itu, kalau bisa bersekolah ke luar negeri mah *mau juga* hehehe

      Hapus
  5. Dulu sempet idealis selalu ingin sekolah negri, nah kemarin akhirnya perang batin buat lanjut kuliah di swasta, gpp sih asal ilmu yang didapat sama walaupun dari satu dan lain hal pasti ada yang berbeda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm..kalau saya sempet ngoyo juga saat dulu mau masuk kuliah, untungnya dapet negeri tapi gak tau deh kalau sekarang nerusin di swasta atau negeri :D, iya mbak intinya ilmu tapi "rasa kebatinan" juga berbeda :p

      Hapus
  6. negeri kita dari dulu sangat mengidolakan status negeri
    klo bisa sekolah di negari dianggap pintar
    trus status PNS pun di incar2, padahal klo di luarg negeri justru swasta yang di incar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah , itu mbak fenomena yang terjadi hehehe. Btw, kok bisa gitu mbak kalau di luar negeri kenapa?

      Hapus
  7. kl utk anak2, sp saat ini sy lebih memilih sklh swasta :

    1. Sekolah negeri jam masuknya pagi bgt. Mana gak ada sklh negeri yg dkt rumah. Hrs berangkat jam berapa anak2 sy? Kasian juga
    2. Dr segi biaya, sekolah swasta biasanya agak lebih mahal. Tp yg sy suka (paling gak sklh swasta yg sy pilih ini), biayanya jelas. Cuma bayar spp sm biaya tahunan. Selebihnya gak ada pungutan lagi. Sementara negeri mnrt byk crt temen2 dan keluarga, selama tahun ajaran suka ada aja biaya untuk ini lah - itu lah. Kalo yg ngicrit2 gitu sy gak suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, sih bunda Keke Naima sekarang swasta mutu pendidikan lebih bagus daripada negeri untuk anak-anak dan kalau di swasta semua biaya pendidikan sudah dirincikan ya mbak hehehe.

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D