Pengikut

Tour Tokopedia di Kala Weekend

Dunia blog adalah dunia yang sangat menarik perhatian bagi saya, kenapa tidak? Melalui dunia blog saya belajar banyak mengenai blog itu apa hingga mengenal arti kopdaran dan menambah teman baru yang pastinya yang mempunyai "misi" yang sama yaitu menulis, Bukan-kah menyenangkan jika kita bisa mempunyai teman baru dan se-misi dengan kita? Pastinya, kalau untuk ngobrol akan nyambung sekali. Dan saya sangat bersyukur dari tahun ke tahun bisa merasakan perubahan sedikit demi sedikit pada blog saya ini. Dimulai dari beberapa tahun lalu, saya mulai aktif untuk ngeblog lagi selain itu postingan ini semakin beragam dan saya mulai aktif jika ada event yang membahas seputar dunia blog, yaitu ngobrol cantik yang digagas oleh Blogger Perempuan yang bekerja sama dengan Tokopedia pada tanggal 19 September 2015 yang beralamat di Wisma 77 Tower 2, Slipi, Jakarta Barat. Wah, senangnya bisa diundang oleh Blogger Perempuan dimana untuk foundernya sudah tak asing lagi di telinga saya namanya dan sudah tak perlu diragukan lagi pengalaman di dunia blog, disamping itu event ini bekerjasama dengan Online MarketPlace Indonesia yang namanya sudah tak begitu asing yaitu Tokopedia. Ah, bahagia sekali mendapatkan kesempatan "emas" bisa belajar ngeblog yang bertempat di Auditorium Tokopedia- lantai 2. Ketika saya sudah sampai di lantai 2 mata saya langsung tertuju ke tulisan Tokopedia dengan warna kebanggaannya hijau, ada icon toped juga loh. Saya langsung jatuh cinta loh! Wih, kantornya adem banget ya, hijau. Bagi saya, warna hijau itu mencerminkan kedamaian, kesejukan dan pastinya go green ! Nih, yang penasaran bisa lihat foto di bawah ini :

Saat masuk ke Tokopedia disambut oleh Icon Toped

Nah, secara saya blogger *tsaaaaaaaaah* jadi langsung sigap dengan kamera dan langsung mengabadikannya melalui foto hihihi. Nah, sebelum masuk ke ruangan auditorium saatnya registrasi dulu ya, jangan lupa isi absen dan siap disambut oleh tim dari Blogger Perempuan, ramah sekali loh!

Tim Blogger Perempuan yang siap menyambut kehadiran blogger, namanya Rani
Ya, setelah selesai registrasi yuk kita masuk ke sebuah ruangan yang namanya Auditorium, dimana ruangan ini yang digunakan oleh tim Blogger Perempuan dan Tokopedia untuk sharing mengenai "Optimizing Social Media For Blogging". Waoooooooow....ruangannya nyaman sekali, di design elegant. Berbeda dengan suasana kantor pada umumnya, Tokopedia kalau menurut pandangan saya mencoba untuk mengakrabkan suasana dengan menghadirkan suasana yang se-nyaman mungkin baik untuk karyawan ataupun para tamu undangan. Berasa sedang berlibur ke desa deh, ada rumput-rumput gitu ditambah feelnya dapat sekali yaitu nyaman, pasti gak terasa deh kalau meeting. Seperti yang saya rasakan, ketika sedang asyik mengamati di setiap sudut ruangannya tiba-tiba acara sudah akan dimulai saja. Berikut susunan acara, ngobrol cantik Blogger Perempuan dan Tokopedia.

- Perkenalan Tokopedia


Sesi Pembukaan acara dan Perkenalan Tokopedia
Acara dibuka oleh tim Tokopedia, untuk mengakrabkan suasana mereka membuat permainan bingo. Permainan bingo sangat mencairkan suasana nih, kreatif nih Tokopedia idenya, tujuan dari permainan bingo ini agar para blogger saling berkenalan soalnya tidak semua blogger sudah kenal. Selanjutnya, sesi sharing dilakukan oleh Kak Joko, dimana menjelaskan tentang Tokpedia itu apa sih. Dan bagi yang penasaran bisa disimak ulasannya. Sebelum perkenalan tentang Tokopedia, Kak Joko melempar pertanyaan apa sih E-Commerce itu? Kalau menurut informasi yang saya tangkap dari Kak Joko, E-Commerce adalah sebuah perusahaan, dimana dalam melakukan transaksi jual-beli dilakukan secara online, Termasuk Tokopedia sebagai salah satu contoh Online MarketPlace di Indonesia, dimana keberadaannya sebagai penengah antara penjual dan pembeli yaitu dalam mengamankan transaksi, maksudnya disini yaitu ketika kita membeli sebuah produk, maka kita wajib melakukan pembayaran, nah pihak penjual tidak bisa langsung menerima pembayaran dari pembeli. Sebaliknya, begitu pembeli tidak bisa menerima barang yang akan dibeli sebelum melakukan pembayaran. Lalu, kapan penjual mendapatkan haknya? Ya, setelah pembeli sudah menerima barangnya, maka penjual akan mendapatkan haknya dari Tokopedia, sebab berbelanja di Tokopedia menggunakan rekening bersama dimana untuk mencegah terjadinya penipuan atau barang yang dibeli tidak dikirim oleh penjual. Dan berbelanja di Tokopedia dijamin aman, gak percaya? Silahkan buktikan sendiri ya!


- Sharing Penggunaan Social Media dan Manfaatnya
Kak Andre, Tim dari Tokopedia Social Media Specialist
Foto : Blogger Perempuan

Selanjutnya, dilanjutkan oleh tim Tokopedia yang membahas tentang penggunaan social media. Siapa sih, yang sampai saat ini tidak mempunyai FB, twitter, IG hingga Path? Hampir semua orang menggunakan aplikasinya. Dan sekarang yang lagi ngehits yaitu Periscope! Saya sih belum menggunakannya, soalnya berasa artis hihihi. Penggunaan periscope seperti live gitu. Kak Andre, tim Social Media Specialist dari Tokopedia menjelaskan juga kalau twitter masih merajai dunia social media loh berupa hastagnya mampu menggemparkan dunia, ibaratnya semua akan tahu kegiatan apa yang sedang eksis. Dan ngobrol cantik bareng Tokopedia dengan hastag #NgobCanToped jadi trending topic loh, berikut buktinya yang sempat saya screenshot > 
#NgobCanToped jadi trending topic, ini menjelaskan kalau twitter masih menjadikan social media yang aktif dengan hastagnya.
Disambung oleh Kak Askar sebagai copywriter Tokopedia, doi menceritakan tentang manfaat blog dengan social media, bahwa jika kita mempunyai blog dan social media berupa Facebook, twitter ataupun Instagram harus bisa di"manage" dengan baik, misalnya kita mempunyai blog dan sudah menulisnya, alangkah baiknya kita share di social media yang kita miliki seperti FB, twitter ataupun IG, kegunaan kita share postingan ke social media tersebut adalah bisa memberikan informasi yang bermanfaat ke orang lain, disamping itu juga meningkatkan traffic pengunjung juga loh.

- Tour Mengelilingi Kantor Tokopedia


Ruangan di Tokopedia, Ada ayunan ide, pantry 
Senang sekali saya, ketika kami para blogger yang datang diberikan kesempatan untuk tour mengelilingi kantor Tokopedia. Kesempatan ini saya manfaatkan untuk melihat sisi menarik dari kantor yang berdominasi hijau. Ya, saya sangat terkesima ketika memasuki ruangan customer service, hari sabtu mereka pada masuk loh. Yaps, warna hijau itu sangat mengademkan mata saya, di ruangan ini terdapat mushola, tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai sejenak ataupun untuk refreshing bobo siang *eh terdapat pantry juga loh. Dan kemudian diajak juga ke ruangan para orang-orang kreatif dari Tokopedia bekerja, disini terdapat ayunan ide loh. Ah, asyik banget nih kantor, ujar saya dalam hati. Gimana gak asyik, kantornya di design dengan se-nyaman mungkin. Ayunan ide, bisa buat hiburan nih kalau lagi bete kerja atau merasa bosan, tinggal main sebentar di ayunan ide, pasti terhibur hehehe. Kantor Tokopedia sangat unik, berbeda  loooooh dengan kantor umumnya. Bekerja sambil bermain, dan saya yakin pasti para karyawannya rata-rata masih muda soalnya kreativitas mereka sangat terlihat, jiwa semangat dan saling bahu-membahu dalam mengembangkan Tokopedia. Lihat saja program yang diluncurkan oleh Tokopedia yang saat ini lagi ngehits, yaitu ciptakan peluangmu. Dekorasinya keren, dan tata letaknya pun disesuaikan yang enak dipandang oleh mata untuk benda pendukungnya seperti bantal empuk yang di-design mirip kursi dimana bisa dipakai untuk tempat duduk. Kesannya, nyaman dan enjoy!
Mushola untuk sholat, sumber : pribadi
Ruangan customer service, sumber foto : pribadi

Terima kasih untuk Blogger Perempuan dan Tokopedia, untuk kesempatannya belajar ilmu tentang blog, social media, serta jalan-jalan mengelilingi kantornya. Nyaman sekali, semoga silahturahmi ini tetap terjaga dan sukses selalu ^^

Foto bersama Blogger Perempuan dan Tokopedia Edisi Ngobrol Cantik

Penutupan silahturahmi dengan foto bersama, sumber : foto pribadi

Salam


Titis Ayuningsih

40 komentar:

  1. ilmu brmanfaat mbk. thanks sharingnya :)) aku mkin pengen untk ngembangin blog aku :)

    BalasHapus
  2. Seru ya, acaranya, seneng
    Btw, kita sempat kenalan kan? ternyata dirimu yang mungil itu ya mba, hehehe, pantes jadi anakku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhehehe...iya mbak, kita sempat kenalan kok :)

      Hapus
  3. acaranya seru ya mbak..gimana sudah gabung di tokopedia???

    BalasHapus
  4. wa keren banget kantornya..:)
    makasih sharingannya, habis baca serasa ikut acaranya

    BalasHapus
  5. Salam kenal dari Malaysia. :)

    BalasHapus
  6. hikz aku g diundang hikz
    kantornya bagus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi....iya mbak bagus kantornya :)

      Hapus
  7. Asyiik, lengkap banget cerita keliling kantor tokopedianya.

    BalasHapus
  8. bukan ngobcan biasa mah ini mak ya, acarany oke punya gt..

    BalasHapus
  9. Serasa ikut di sana baca ini. Thaks catatan komplitnya Mbak. :)

    BalasHapus
  10. Keren acaranya.... terima kasih sharingnya mbak, jadi tamabah semangat mulai blogging lagi... salam kenal :)

    BalasHapus
  11. periscope memang ngehits, tapi sayang terhalang koneksi indonesia yang lemot :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa, koneksinya belum lancar jaya ya :D

      Hapus
  12. ih aku ngiri gak ikutan :) asyik ya mbak

    BalasHapus
  13. Tokopedia kantornya asik bangeeett :)

    BalasHapus
  14. Seru banget ya acaranya, kapan ya giliranku hiks

    BalasHapus
  15. aaakkk.. dari kemaren baca postingan tour di toped,, gue envy :(

    BalasHapus
  16. Waaah, seneng ya, Mbak, bisa ikut kegiatan yang manfaat sekaligus asyik gini :)

    BalasHapus
  17. Jadi kepengin ikutan seperti ini deeh...asik banget dan dapet ilmunya :)

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D