Pengikut

Jangan Belajar Mendekati UAS, Begini Loh Strateginya Biar Lancar UASnya

Pixabay

UAS adalah ujian akhir sekolah, sebagai proses evaluasi atas proses pendidikan yang sudah ditempuh oleh para siswa dan siswi dari bangku sekolah sampai perkuliahan. Setiap hari para siswa/siswi sudah melaksanakan proses belajar dan uas ini bisa dikatakan sebagai bahan evaluasi untuk "menilai" apakah para siswa/siswi sudah mampu menyerap ilmu yang diajarkan oleh para pendidik. 



Kalau menurut tulisan Mak Rizki Damayanti Muhajar, orang tua mempunyai peran serta dalam menuntun anaknya dan mengawasi proses belajarnya di rumah. Sebagai contohnya, para orang tua diusahakan memberikan reward terhadap anaknya apabila sih anak sudah memberikan hasil terbaik dan juara kelas.


Baca juga : Etika Pemilu di Social Media dalam Pemilihan Umum


Nah, sebagai generasi muda dan pernah merasakan sensasi UAS. Kalau menurut pribadi saya, usahakan jangan belajar dengan sistem kebut semalam alias SKS mendekati UAS, kenapa? Karena sesuai pengalaman saya, materi yang sangat banyak gak bisa diserap dalam waktu semalam saja hiksss. Begini stategi ala Titis biar UASnya lancar dan usahakan tidak belajar mendekati uas saja, intip yuk strateginya :

1. Usahakan setiap malam mengulang kembali pelajaran

Sebagai siswa atau siswi belajar merupakan sebuah kewajiban, karena tujuannya sekolah adalah menciptakan generasi penerus yang cerdas dalam bertindak dan bersikap. Sudah dapat dipastikan para siswa/siswi ini akan menyerap berbagai ilmu dalam setiap harinya. Misalkan, hari Senin mata pelajaran terdiri dari Sejarah, Bahasa Indonesia dan Matematika. Ibaratnya, menyicil sebelum UAS, kamu bisa mengulang kembali di waktu malam materi yang tadi diajarkan di sekolah. Apalagi sekarang bukan eranya caturwulan ya, semester kan? Kalau iya, itu akan lebih mudah untuk membagi pelajaran yang akan dipelajari di semester ini.


Baca juga : Perlukah Selektif untuk Meninggalkan Jejak di Era Digital ?


2. Latihan terus jika soal hitungan

Yaps, soal hitungan harus sering dilatih, bukan begitu Mak-mak? Saya aja kalau soal hitungan perlu waktu untuk belajar ekstra. Saya salut sama para orang tua, sabar sekali dalam menuntun anaknya belajar. Jadi, salah satu strategi yang perlu dilakukan sebelum uas adalah berlatih. Soal hitungan itu perlu waktu untuk menyelesaikan apalagi jika soal cerita hehe.


Baca juga : Serba-serbi Ikutan Arisan di Mata Perempuan, Apa Kamu Pernah Mengalaminya?


3. Biasakan sebelum UAS refreshing / jalan-jalan

Katanya sih, kalau sebelum UAS disarankan buat refreshing dulu biar pikirannya bisa fresh lagi. Mak-mak bisa ajak anak-anaknya berwisata. Kalau saya kebiasaan mendekati UAS sakit dulu, ada yang pernah kayak saya? Hihi. Jangan lupa jaga kesehatan ya biar bisa berfikir dan mengerjakan soal UASnya.


Bagi para orang tua yang ingin mengintip kiat-kiat Mak Rizki dalam mempersiapkan UAS anaknya bisa diintip di sini Mak.


Kalau saya gak bisa belajar SKS alias sistem kebut semalam, perlu proses buat mencernanya hehe. Nah, kalau kamu gimana persiapannya mendekati UASnya?








27 komentar:

  1. Hihihihii aku banget yg suka SKS alias sistem kebut semalam kalau ujian, dan ntah kenapa aku ngga bisa kalau belajar dari jauh-jauh hari & baru masuk ke otak kalau pake sistem SKS XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mantep kalau bisa sistem SKS mbak :)

      Hapus
  2. Aduh, aku sistem SKS juga kaya mba Sandra, Nih.
    Semacam ada sugesti the power of kepept gitu. Tapi, sekarang berasa banget kalo itu kurang bagus. Huhuhuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, kalau bisa begitu mah gak p2 mbak :)

      Hapus
  3. aku sih setiap hari sellau ngulang pelajaran cukup dua jam shg waktu uas gak perlu begadang dan jalan2 juga masih bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, rutinitas mengulang selama 2 jam itu bagus banget mbak :)

      Hapus
  4. Saya selalu melakukan yang poin terkahir.. Refreshing..
    Refreshing bareng temen ke fotokopian..
    Fotocopi contekan yang diperkeciiiilll... *upss... Jangan ditiru adek2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, saya juga pernah itu kalau kepepet haha

      Hapus
  5. Iyaa tentorku di bimbel dulu juga bilangnya sebelum ujian jalan2 aja, gausah belajar. Biar ha stres ya maak

    BalasHapus
  6. Mwluncur ah ke mak Rizki, berguna buat aku yg punya anak msh sekolah nih

    BalasHapus
  7. tengkiu tipsnya ya mbk, secara nih, beberapa minggu ke dpn aku mau uas, doain sukses yak

    BalasHapus
  8. bisa jadi bahan pegangan kalau wikan udah sekolah kelak :)

    BalasHapus
  9. Save ahhhh buat UAS mendatang....

    *berasa muda hihih

    BalasHapus
  10. SKS emang gak enak ya mbak, pernah ngrasain soalnya beberapa tahun sekolah gabruk2an ma aktu hehe
    TFS

    BalasHapus
  11. Kebiasaan buruk emang SKS, kebawa mpe skrng kalau ada lomba mepet detlen hehehe huwaaaa kebiasaan buruk yg ingin kuhilangkan :))

    BalasHapus
  12. Kalau dulu, aku belajar sebelum UAS. Nah pas mau UAS ya belajar lagi, mba Titis. Itu kalau rajin. Hihii

    BalasHapus
  13. huaah, aku sudah lupa jamannya UAS, Mbak. :D
    kalau dulu, aku pas UAS selau belajarnya semalam suntuk (alibi malas belajar).
    nah, pas kemarin adikku yang masih kecil, dia lumayan rajin. sebulan sebelum UAS, udah mempersiapkannya. jadi pas UAS, malah banyak mainnya. setuju sama Mbak, jelas UAS mending jalan-jalan refreshing, biar anak juga enggak terlalu setress

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, rajin belajar ya mbak adiknya :)

      Hapus
  14. persiapanku juga seperti itu mbak menjelang UAS. Aku juga bukan type yang mampu cerna belajar dengan sistem semalam. Toos buat kita :D

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D