Pengikut

Serba-serbi Ikutan Arisan di Mata Perempuan, Apa Kamu Pernah Mengalaminya?


Via Kreditgogo

Arisan, bagi kaum perempuan mungkin sudah tak asing lagi mendengar kata arisan, dimulai dari arisan uang, arisan barang sampai arisan link yang lagi ramai di dunia blog. Jika ditanya, kapan saya ikutan arisan?  Jawaban saya langsung teringat ketika sekolah smp dulu, ikutan arisan sama teman-teman sekolah. Tujuan awalnya, biar uang saku gak habis buat jajan hehe. 



Seiring berjalannya waktu, arisan itu menurut saya kalau dilihat dari kebutuhannya bisa dibilang sangat penting, selain untuk menabung bisa juga untuk meningkatkan silahturahmi.


Menurut pandangan pribadi saya, arisan yang saya ketahui secara umum ada 3 yaitu arisan uang, arisan barang dan arisan link (blog).  

1. Arisan Uang

Arisan uang ini sistemnya kocokan, jika nama yang keluar adalah nama kita, maka yang berhak mendapatkan uangnya adalah diri sendiri. Biasanya arisan uang ini dikocok perbulan sekali, perbulannya bisa 100ribu. Atau untuk jumlahnya bisa disesuaikan dengan keputusan bersama anggotanya.


Seperti yang disampaikan oleh mak Irawati Hamid arisan itu mampu melekatkan silahturahmi dan sebagai ajang reunian loh. Intinya, arisan itu butuh kesepakatan bersama biar tidak saling dirugikan.


2. Arisan Barang

Seperti halnya arisan uang, arisan barang ini sistemnya sama, misalkan perbulan angsuran berapa terus dibeli dengan harga barangnya. Atau ada juga yang sistemnya kita cicil perbulan untuk barang yang diinginkan. Tujuannya sama sih, menabung dengan versi lain hihi.


3. Arisan Link Blog

Saat ini di dunia blog dalam rangka meningkatkan semangat dalam menulis sesama blogger,  yaitu dengan arisan link. Arisan link blog yaitu mengulas profile blogger yang menang kocokan. Dari arisan link blog, bisa mengenal sosoknya melalui interaksi, berkenalan dengan teman-teman blogger lainnya dan pastinya bisa saling share serba-serbi dunia blog.



Dan yang perlu diperhatikan nih sebelum ikut arisan :

- Komitmen

Komitmen juga dibutuhkan dalam arisan uang, barang dan link, karena komitmen sebuah wujud kalau kamu siap menerima segala resikonya, pahitnya sih gitu.

- Tanggung Jawab

Setiap manusia, jika sudah berbicara mengenai komitmen maka akan tertuju ke arah tanggung jawab. Seperti halnya, ketika mengikut arisan link, arisan batang ataupun arisan uang, semuanya butuh tanggung jawab untuk menepatinya.


- Siapkan uang untuk arisan uang atau arisan barang

Yaps, untuk arisan uang atau barang, dapat dilihat kalau sistemnya ibarat menabung. Jadi, jangan lupa menyisihkan uang perbulan untuk arisan yang kamu ikuti ya.



Di lingkungan RT, kalau kita yang dapat arisan, pasti bulan depannya akan bergilir untuk tempatnya. Umumnya, setiap tuan rumah akan menyediakan konsumsi untuk arisan, selain itu kalau yang ikutan ibu-ibu semua pasti rempong eh ramai deh hehehe. Ini pengalaman waktu mama saya ikutan arisan RT hihi.




Arisan itu gak selamanya negatif loh, mungkin ada yang trauma kalau terjadi penipuan atau investasi bodong.  Untuk meyakinkan kamu ikut arisan yang amanah, bisa mengajak teman-teman yang sudah dikenal secara personal. Biasanya sih arisan dilakukan di lingkungan kantor, rumah ataupun sama sahabatmu sendiri. Biasanya, kalau kita menginginkan banget dapat arisan, pasti gak dapat-dapat, pernah mengalaminya?



Arisan itu tujuannya selain belajar menabung setiap bulannya, juga bisa mempererat silahturahmi dan sebagai belajar tanggung jawab. Seperti yang disampaikan mak Ira dalam tulisannya tentang seberapa pentingkah ikut arisan? Kalau menurut saya pribadi penting, namun semua kembali sama kebutuhan hidup masing-masing ya. Kamu pernah ikutan arisan juga? Gimana kesannya, selama mengikuti arisan? Share yuk, di kolom komentar.

46 komentar:

  1. Saya sekarang jugalagi ikut arisan boneka hafis.
    Arisan itu juga untuk mendapat kan barang yang kita inginkan dengan nyicil tapi ga usah kredit yang riba hihihi.

    BalasHapus
  2. Wah, baru tahu soal arisan link blog :D

    BalasHapus
  3. Yang jelas, arisan barang sama kredit barang beda lho ya? Hahaha

    BalasHapus
  4. arisan uang, arisan link... udah. tinggal belun pernah ikut arisan barang nih. pas bukan barang yg dibutuhin soalnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau arisan barang emang harus pas barang yg dipengenin ya mba hehe

      Hapus
  5. Aku termasuk yang trauma hehe. Tapi bukan karena investasi bodong, nantilah lengkapnya ada di ceritaku yang tayang hari Minggu ini hehe.

    BalasHapus
  6. saya suka banget ikut arisan loh Maak, makanya untuk artikel kolaborasi saya nulis dengan tema ini, hihihi :)

    BalasHapus
  7. iya menurut saya juga penting, karena arisan bisa membantu perekonomian kita lho. Ini yg secara umum aja.

    BalasHapus
  8. Sampai setua ini saya belum pernah ikutan arisan. Saya memilih nabung saja...

    BalasHapus
  9. Lalu mendadak keingetan hutang arisan link di grup BP masih 3 lagi. Huhu.

    BalasHapus
  10. Saya lebih suka ikut arisan dengan ibu-ibu perumahan aja. Soalnya lebih aman. Lebih baik menghindari arisan yang meragukan, takut soalnya he he he

    BalasHapus
  11. Aku nggak suka arisan..satu aja ikut di rumah, kegiatan ibu2. Soalnya klo pas nggak bisa datang, berasa punya tanggungan. Paling nggak enak klo dapet di awal..jadinya kayak bayar utang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, berasa bayar hutang" ya mba hehe

      Hapus
  12. Saya belum pernah ikut arisan link... telat info alias kudet, hoho. Tp sy suka bgt arisan uang, pas dpt berasa bgt manfaatnya. Krn kdg klo ngandelin nabung sendiri suka sulit konsistennya, heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. arisan salah satu untuk menabung ya mba :)

      Hapus
  13. Aku ikutan arisan banyak banget, arisan keluarga, arisan organisasi, arisan grup. Aku selalu request dapat yang paling akhir biar yang lain uangnya habis aku masih banyak, trus bisa kibas2 ke orangnya yg duitnya habis wkwk *jahat*

    BalasHapus
  14. Sekarang saya cuma ikutan arisan orang tua murid di sekolahnya si kecil. Parahnya lagi nama saya naik duluan kemarin. Hahahhaha.. sekarang tinggal nyetor aja sampai arisannya kelar.

    BalasHapus
  15. saya pernah ikut arisan buku, Kak lebih enak hahahha cepet dapetnya.
    Arisan uang malah belum dapet-dapet wkwkkw

    BalasHapus
  16. Aku ikut:Arisan uang,arisan backlink, dan arisan emas

    BalasHapus
  17. Yg lagi nge-hits memang arisan link ya Mak..hihi.. Sayangnya di grup saya ada yang kurang bertanggungjawab. Hutangnya banyak. :(

    BalasHapus
  18. Aku juga suka ikut arisan mb, dr masih sendiri sampai udah nikah.manfaatnya jg banyak kok menyambung tali silaturahim dan sekalian anggap nabung aja

    BalasHapus
  19. Mau juga dong ikutan arisan link. Kalau arisan uang aku masih belum sreg. Mending nabung sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti ada lagi mba kalau arisan link :)

      Hapus
  20. arisan produk pernah, arisan link pernah, yang belum minat arisan uang hehe

    BalasHapus
  21. Aku jaraaaang banget ikutan arisan hahahah.. baru kemarin sempet ikutan arisan uangsama temen2 kantor, sekali2nya.. ntah kenapa ngga doyan arisan, apalagi arisan dilingkungan rumah.. skiiip. Males aja karena kl kadang arisan abis itu malah ghibah, kalau arisan yg berguna kayak arisan link blog mungkin lbh ada manfaatnya utk blog

    BalasHapus
  22. Saya ikut arisan, soalnya lumayan buat nabung daripada ngutang kalau mau beli barang. Kalau pas dapat, bisa langsung beli itu barang impiannya. Jadi semacam nabung tapi dipaksa gitu :D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harus dipaksa menabung ya mba hehe

      Hapus
  23. Aku suka ikut arisan.Ada arisan RT,arisan gang dan arisan keluarga.Niatnya buat silaturahmi aja sih.Soalnya kalau nggak ada arisan jarang banget menyempatkan diri ketemu keluarga besar atau ngobrol banyak dengan tetangga se RT. Tapi aku belum pernah ikut arisan blog.Ketinggalan melulu infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, niatnya untuk silahturahmi :)

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D