Pengikut

Nyi Penengah Dewanti, Perempuan yang Tangguh dalam Menjalani Kehidupan

Nyi Penengah (via IG)
Mendengar nama Kendal, mengajak saya untuk flashback ke beberapa tahun lalu. Yaps, kota Kendal ini merupakan salah satu daerah yang sering banget saya kunjungi pas mudik lebaran ataupun liburan sekolah beberapa tahun lalu. Tahun 2014 akhir lalu, terakhir saya mengunjungi kota Kendal dan hanya numpang lewat. Untuk mengobati kerinduan kota Kendal, yuk kita kenalan dengan perempuan tangguh yang sangat menginspirasi, yaitu Nyi Penengah Dewanti.

Baca juga : Tips Survive dan Ngeblog ala Kania Ningsih


Jujur saja, saya baru mendengar namanya ketika satu group arisan link blogger perempuan. Ternyata Nyi, seorang penulis buku yang sudah berpartisipasi dalam proyek antologinya, hampir ratusan judul sudah dia lahap. Mungkin beberapa teman blogger sudah mengenal sosok perempuan tangguh ini, saat usia 17 tahun, perempuan kelahiran Kendal, 6 November "nekat" untuk kerja di luar negeri sebagai "Pahlawan Devisa Negara". Karena faktor ekonomi yang membuat perempuan ini melupakan masa remajanya untuk bermain dan menggantikannya dengan bekerja.



Baca Juga : Ngeblog Merupakan Perjalanan Waktu by Ety Abdoel


Mari kita kepoin yuk penulis dari kota Kendal :

1. Perempuan yang tangguh dan penuh semangat dalam hidup

Jika melihat kehidupan Nyi, perempuan yang sedang menyelesaikan skripsi ini termasuk perempuan yang tangguh. Meski berada di negeri tetangga, perempuan yang mempunyai hobi menulis ini mampu menyempatkan untuk menulis di tengah sibuknya bekerja yang menguras tenaga. Pantang menyerah dan survive seperti "sahabatnya" dalam menjalani kehidupan.


Kini, Nyi sudah bisa bernafas lega dan kembali ke Indonesia, bekerja sebagai content writer di Kendal. Pengalaman hidupmu sangat berharga ya, Nyi. Penasaran dengan kehidupan penulis buku dari kota Kendal ini? Sila beli karyanya :)


2. Karya Nyi Penengah Dewanti

Nyi, begitu ia disapa sudah menghasilkan karya berupa novel sebanyak 4 buah, 1 memoar dan 107an antologi. Wow, banyak ya karyanya! Salah satu karya Nyi yaitu novel yang berjudul Promise, Love and Life. Nyi, juga dijuluki sebagai ratu antologi ini mampu memenangkan berbagai lomba cerpen, puisi dan pernah dipajang profilnya di beberapa koran lokal dan Hongkong.


3. Tips ala Nyi yang ingin menerbitkan buku

Bagi kamu yang mempunyai cita-cita ingin menerbitkan buku, bisa disimak tips ala Nyi, ratu antologi :

* Usahakan menulis buku yang ceritanya sedang hits di pasaran / sesuai dengan model naskah oleh penerbit.
* Perhatikan alur cerita logis atau tidak, dari semua faktor, tempat dan lain-lain.
* Kalimat, ejaan, tidak typo, sesuaikan dengan aturan yang diminta oleh masing-masing penerbit.


Terus gimana sih kalau mau ikutan antologi itu? Menurut blogger Kendal ini, kamu harus rajin-rajin pantau social media penerbit, biasanya mereka membuka peluang bagi para calon penulis untuk berkompetisi dengan tema-tema tertentu.



Kamu masih menganggap menulis itu mudah? Oh tidak! Menulis itu perlu riset, menggali ide, menentukan alur cerita dan lain-lain. Jadi, saat kamu mempunyai keinginan untuk menjadi penulis, kamu harus mempunyai mental baja ketika naskahmu ditolak. Cara mudah menggali ide, dari bacaan, dari sekitar kita dari film yang kita tonton dari lima panca indera yang kita tangkap. Jadi penulis harus peka agar ide yang lewat, langsung bisa digarap.



Penulis buku yang berjud "Promise Love and Life" juga membagikan kisahnya selama menjadi TKW di negeri tetangga. Intinya jadi TKW itu harus siap mental. Mental kerja sama orang, mental bakalan kangen sama keluarga dan mental mandiri.


4. Harapan Nyi Penengah Dewanti

Blogger Kendal ini mempunyai harapan yang sangat mulia, dia berharap bisa berkarya sampai dirinya tak bisa melakukan apa-apa. Dan untuk pendidikannya, semoga skripsinya cepat kelar.


Tetap semangat Nyi untuk hidup saat ini dan masa mendatang. Salam #GengIjoek.



Blog : nyipenengah.com / bloggerkendal.com

IG : @nyipenengah


22 komentar:

  1. Saya kenal nyi pede udah lama. Tau saya tinggal di Ambon dia berubah manggil saya yg semula kakak jadi usi yg artinya kakak juga hehe

    BalasHapus
  2. Wiih.. salut buat orang-orang yang konsisten dengan tujuannya meski banyak rintangan menerpa.

    buanyaaak banget yaaa karnya Nyi ini, duuuh.. daku jadi keinget impian buat punya buku yang sampai kini belum tercapai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo semangat mbak, semoga segera diselesaikan ya :)

      Hapus
  3. Kereen bangeet nyi penengah. Totalitas dan kontribusi pada dunia literasi sangat tinggi. Semogaa bisa mengikuti jejak Nyi 😁 Aamiin. .

    BalasHapus
  4. Nyi memang debest! Ratu antologi hihi.. Dimana ada lomba cerpen di situ ada nyi. :)

    BalasHapus
  5. Pas zaman jadi kuis hunter beberapa tahun lalu, aku udah kenal sama Kak Nyi, gara-gara ikutan kuis berhadiah buku karyanya, Kak Titis. Seneng karena akhirnya bisa kenal lebih dekat di grup Genk Ijoek. Kakak yg satu ini emang inspiratif. Optimis bgt. :)

    BalasHapus
  6. Ahi akhirnya banyak tahu tentang pemilik Blogger Kendal. Hihiihi. Mba Nyi sering juga BW di blog aku :)

    BalasHapus
  7. Aku selalu salut sama siapapun blogger daerah yang survive bahkan menghasilkan karya - karya. Serasa malu juga sih aku di Jakarta tapi nggak ngeluarin buku. Jangankan buku, blog aja jarang update :( bukan males sih, lebih kayak belum ada waktu huhuhuhu

    BalasHapus
  8. Hahah saya kira tadi mau bahas kendal jener. Eaaaa.

    Hmm ternyata ngi penengah mirip sama teh okti li ya. Sama sama pernah menjadi pahlawan devisa negara hehe.

    Tapi... gak main main karyanya banyak banget. Jadi kompor.. pengen semangat nulis yang niat lagi gak sekedar curhat di blog gitu ..

    BalasHapus
  9. Nyi ini keren banget sih. Udah beberapa kali jadi TKW. Setrong!

    BalasHapus
  10. Nyi aah...bikin baper kalo baca tulisannya.
    Seoga karyanya makin mendunia yaa, Nyi.

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D