Pengikut

Mengenal Sosok Faycha Anastasya, Perempuan yang Hobi Desain

Selamat hari Minggu!

Minggu ini mau menulis tentang sosok blogger Jakarta, sosoknya merupakan teman se-grup arisan link Blogger Perempuan, namanya Faycha Anastasya. Pemilik dari url blognya yang beralamat di blog.imajinasiasha.web.id ini merupakan blogger tutorial. Terlihat pada isi postingannya, beragam tutorial yang dibagikan dalam blognya, diberi label Tutorial. Sudah pada kenal dengan Asha? Jika belum mendengar namanya atau ingin berkenalan lebih lanjut dengan perempuan yang hobi desain bisa simak obrolan singkat saya melalui email dengan blogger Jakarta ini.




Perempuan yang bekerja di salah satu perusahaan swasta ini menuangkan ilmu desain pada blognya, terlihat jelas sekali tampilan blognya lebih mengulas tentang desain atau sering disebut dengan blog desain. Sejujurnya, saya salut dengan mbak Asha, kenapa? Karena di blognya hanya mengulas tentang tutorial, desain dan tak pernah memikirkan mengenai DA ataupun alexa rank. Salut! Aktivitas sehari-hari selain bekerja, ternyata Asha ini juga seorang guru loh. Selepas bekerja, dia istirahat sejenak lalu mengajar bimbingan belajar di rumah untuk anak-anak SD dan SMP. Setelah mengenal siapa itu mbak Asha, yuk lebih mengenalnya dari sosok blognya.



sumber : http://blog.imajinasiasha.web.id/





Serba-serbi Blogger Tutorial 

Jika dilihat dari blognya. Asha begitu ia disapa, sangat rajin sekali memberikan tutorialnya, contohnya saat mba Asha ini memberikan tutorialnya mengenai cara membuat kalender di Microsoft Excel. Nah, beberapa waktu lalu saya bertanya kepadanya tentang alasan apa yang mendasari membuat tutorial. Kalau menurut mba Asha, membuat tutorial sama halnya dengan mengajar, bedanya ini tidak ada murid yang bertatap muka secara langsung. Memulai ngeblog sejak tahun 2009 dan blognya juga lebih mengarah soal-soal untuk belajar. Wah, blognya hanya ingin berbagi ilmu dan informasi ya. Bagi kamu yang ingin memulai membuat tutorial, awalnya kamu harus tahu terlebih dahulu ingin membuat tutorial apa. Kesulitan saat membuat tutorial pun sering melandanya, seperti berhenti di tengah jalan saat membuatnya, solusi yang ditawarkan yaitu jika feelnya sudah dapat untuk menulis, tulislah secepatnya supaya tidak lupa.



Bagi yang mau belajar tentang Microsoft Excel dan lain-lain, bisa mengintip di label : http://blog.imajinasiasha.web.id/search/label/Tutorial


Semoga semakin banyak ilmu yang dibagikan ya mba Asha, tetap semangat!




Sisi Lain Faycha Anastasya

Selain menjadi Blogger Jakarta, Mba Asha ini juga dikenal sebagai blog desain. Lihat deh, desain-desain yang ditampilkan oleh blognya Asha ini, cakep banget euy. Mba Asha, nanti aku buatin juga ya kalau menang arisan *eh. Kalau penasaran sama desain dan edit-editan main deh ke blognya. Pada pensaran gak, gimana sih untuk belajar desain. Nah, intip yuk 4 tips ala Faycha Anastasya :

Pertama

Sebelum memulai untuk belajar desain, kamu harus suka terlebih dahulu dengan desain. Jangan ada paksaan untuk mendesain suatu obyek. Khawatirnya, hasilnya malah gak bagus, makanya harus nyaman terlebih dahulu.


Kedua

Pilih satu (1) software dan kuasai sampai bisa (misalnya, photoshop). Setelah itu kuasai menunya seperti tools dan fungsinya. Tanpa ini kita gak tau mau pakai tools apa untuk mengedit atau membuat desain. 


Ketiga 

Belajar memadukan warna, jangan takut untuk memilih warna. Dari mencoba kita bisa belajar warna yang cocok dan tidak cocok. 


Keempat 

Yang harus disiapkan adalah mental, pasti ada kritik pedas yang akan seliweran saat kita post suatu karya. Tapi kita harus tetap terima kritik untuk masukkan kedepannya.


Nb: Setelah mahir di 1 software sila coba yang lain, Karena yang lain menu, tools dan fungsinya tidak jauh berbeda.



Mengulik Harapan Faycha Anastasya



Hampir setahun saya, Asha dan beberapa blogger lainnya bergabung di arisan link blogger perempuan. Kalau saya amati dari grup 4, mba Asha ini tergolong orang yang sangat irit untuk nimbrung obrolan. Untuk menjawab pertanyaan saya, maka saya menanyakan pertanyaan berikut : 

Titis : Kalau saya lihat di grup, sepertinya mba Asha memang 'egp' ya sama hal" kayak Alexa Rank, DA atau job review, apa karena tak ingin blognya di manage untuk  menghasilkan?


Asha : Hmm bukan EGP, cuma ada blog khusus yang aku buat untuk yang menghasilkan dengan kategori berbeda. Kedepan aku juga punya rencana mau buat blog baru, cuma lagi liat pasarnya seperti apa nantinya.



Terus aku juga bertanya tentang harapan mba Asha untuk dunia blog dan pribadi :


Beginilah jawabannya : Harapan aku, semoga semakin banyak orang yang saling berbagi ilmu di dalam blognya dan harapan pribadi saya adalah mempunyai keluarga yang harmonis dan suka ngeblog juga tentunya, hehe. Karena berbagi ilmu itu tidak akan menghilangkan ilmu yang kita beri, jangan takut jika orang yang akan kita beri/ajarkan itu lebih pintar. Kalo masih berfikir seperti itu Indonesia aku yakin tidak akan maju. Yang aku liat saat ini, kebanyakan orang itu pelit sama ilmunya, mungkin mau dibilang pintar sendiri di kelompoknya. Tapi tidak ada yang tau, aku cuma menebak aja.

Wah, semoga harapan-harapan mba Asha dapat segera diwujudkan ya! 


Alasan memilih web.id sebagai url blognya

Pada penasaran gak, kenapa sosok blogger Jakarta ini lebih memilih url web.id sebagai alamat blognya? Begini paparannya : Indonesia banget, aku kayanya gak sanggup untuk pakai yang dot id jadi pakai dot web dot id. Dot com terlalu mainstream, aku mau yang beda. Ya walaupun dot web dot id juga udah ada yang pakai dan bukan termasuk kategori top level domain, seenggaknya jarang lah yang pakai dot web dot id hehe.


Survive dalam menulis postingan tutorial atau desain ala Asha

Di penghujung obrolan, saya sempat menanyakan bagaimana caranya untuk survive dalam menulis postingan tutorial atau desain ala Asha, kalau menurutnya : Untuk selalu bisa memberikan tutorial, dia harus dapat masalah dulu. Masalah di sini bagaimana cara memecahkannya lalu dibagikan. Untuk terjadwalkan sih sekarang belum bisa. Belum bisa konsisten karena pekerjaan dan waktunya untuk mengajar. Aku bisa membuat tulisan saat jam istirahat kerja dan dihari sabtu. Hari minggu aku masih harus tetap mengajar anak murid.


Begitulah, obrolan singkat saya tentang  Faycha Anastasya yang seorang blogger Jakarta, yang mempunyai postingan tentang blog desain dan blogger tutorial. Mampir deh ke blognya, banyak ilmu di sana! Salut euy!


24 komentar:

  1. Mbak Faycha emang jago banget kalo urusan tutorial dan desain ya Ka Titis, jadi pengen minta buatin juga deh desain yang unyu buat blog *eh hihiii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, coba ngelobby kak Asha, aku juga pengen, Ntan hehe

      Hapus
  2. Penasaran. Sayang, nggak diposting contoh desainnya. Mau kepo ke blognya ah. ^_^

    BalasHapus
  3. Selalu kagum sama para desainer. :D Duh, aku juga pengen bisa gambar2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Asha lebih ke desain template blog hehe

      Hapus
  4. gegara tulisan ini aku jadi kepo main2 ke blog yg mba faycha :D

    BalasHapus
  5. Hai mba
    Jadi dapat tambahan teman nih setelah membaca tulisan ini. Aku belum pernah mampir sih. Ntar kapan2 aku mampir ah :)

    BalasHapus
  6. Oh jadi mba asha punya beberapa blog dengan niche dan tujuan berbeda

    BalasHapus
  7. Wah Mbak Faycha ini desainer ya? Bisa otak-atik template blog juga kah? Salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi aku bukan desainer baju ya hehe.. Otak atik template ya? Bisa sih walau masih nyontek :)

      Salam kenal mba April :D

      Hapus
    2. Asik asik saling kenal di sini :p

      Hapus
  8. Saya pun alexa udah saya hapus, ketimbang ga bikin saya bahagia ngeblognya, hahah 😂 blog tutorial design ini materi abadi. Orang yg butuh bisa kapan aja lacak. Sukses, mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Support buat mba Asha :) sering-sering buat blog tutorial hehe

      Hapus
  9. Terima kasih mba Titis atas ulasannya. Aku suka.. aku suka.. Ayo saling berbagi... hoho

    BalasHapus
  10. Aku mau cuzz...ke blognya Fay... :D Trims Titis...ulasannya...

    BalasHapus
  11. Wii...Fay ini kece bangeet.
    Anti mainstream.

    Blog tutorial selalu nangkring di pejwan yaa...?

    ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, capcuuusss mbak ke blognya mbak Asha :)

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D