Pengikut

Televisi , Radio, Koran atau Internet ?

Halo semuanya ^^

Yuk kita saling sharing di sini, kalau menurut kalian lebih memilih televisi, radio, koran atau internet sebagai bahan referensi untuk mencari dan mengetahui berita terupdate serta terkini? Kalau menurut saya pribadi, semuanya mempunyai kapasitas yang sama namun berbeda saja cara penyampaiannya, kenapa berbeda? Misalnya, televisi kita harus menghubungkan televisi kita dengan aliran listrik supaya kita bisa melihat , menyaksikan serta mendengarkan apa yang disajikan oleh presenter berita tersebut, namun selepas dari itu ada juga handphone yang menyediakan fitur televisi. Kalau radio menurut saya sekarang sudah canggih dan teknologi semakin mutakhir, misalnya saat kita sedang di jalan kita bisa mendengarkan radio melalui smartphone kita dengan mendwonloadnya aplikasi radio ini sehingga bisa dinikmatin melalui handphone kita atau ada juga handphone sudah menyediakan fitur radio tanpa harus mendownload aplikasi tersebut.  Selain, televisi dan radio, kita sering menemukan berbagai informasi di koran, melaui media cetak ini kita dimanjakan dengan berita yang disajikan namun kita harus merogoh uang jika ingin membaca koran, kecuali jika kalian bisa memanfaatkan ketika sedang berada suatu tempat yang dimana menyediakan koran secara gratis. Kalau internet, jika handphone nya terdapat fasilitas untuk browsing, maka dapat dipastikan kita bisa browsing berita yang terupdate melalui internet, bisa mengecek portal-portal yang menyediakan berita secara 24 jam tentang berita apa saja yang dalam satu hari tersebut lagi eksis dan merajai headline news.



Okelah, kalau saya ditanya kamu itu lebih baik untuk mendapatkan berita terkini dan terupdate melalui media apa? Maka, saya akan menjawab tergantung dimana posisi saya sedang berada. Begini maksudnya, jika saya sedang ada di rumah maka saya akan lebih dominan untuk mendapatkan informasi / berita terkini melalui media televisi tersebut, karena saya menilai televisi itu mempunyai nilai plus jika dibandingkan dengan media lainnya. Untuk nilai plus televisi tersebut, saya bisa menyaksikan melalui kedua bola mata dan dua buah telinga saya untuk mendengar, tentang apa saja yang disajikan oleh pembawa berita tersebut, kita ambil contoh sederhana ketika ada upacara kemerdekaan Republik Indonesia ke 68 Tahun, melalui media televisi kita bisa menyaksikan siapa saja pasukan paskibra dan darimana provinsi mereka berasal, bisa juga melihat ketika petugas paskibra saat detik-detik pengibaran bendera merah putih, dan kita juga bisa medengarkan alunan lagu Indonesia Raya ketika disajikan. Hmmm...kalau radio menurut saya, salah satu penyedia infomasi yang terupdate juga, selain memutarkan lagu-lagu kenangan *eh, dan ada pula radio yang membantu para pendengar setia memberikan informasi seputar keadaan jalanan Ibu Kota. Pernah suatu hari saya mendengarkan beberapa “radio” dimana siarannya sangat mengedukasi sekali, itu terlihat dari saya mendengar sajian acaranya dari interaksi antara penyiar dan pendengarnya melalui telepon yang mana pendengarnya memberikan informasi jalanan, bahkan seputar jalanan tidak untuk daerah Jabodetabek saja tapi seluruh Indonesia. Ketika saya sedang berada di kamar, saya lebih bergantung mencari informasi / berita terkini melalui radio karena pernah suatu saat ketika sedang ada berita heboh itu sumber utamanya saya mendengar berita itu dari radio, sebelumnya saya sudah mengecek ke tv tapi berita yag diberitakan belum nongol juga. Jadi keberadaan radio sangat berguna sekali, apalagi bagi mereka yang sibuk dengan rutinitasnya, cukup mendengarkan radio maka akan mendapat berita terupdate  / terkini.



Koran adalah media cetak yang sangat diakui keberadaannya dan pada saat ini masih bertahan ditengah media informasi berupa digital. Namun, untuk sekarang ada koran yang mempunyai 2 bentuk yaitu dalam cetak dan digital. Kalau untuk bentuk konten berita yang disajikan, koran sangat beragam dan berviarasi sekali ya , ada pojok tulisan, surat pembaca , informasi karir, headline news atau ada juga untuk hari sabtu dan minggu ada beberapa koran yang mengelupas tentang cerpen atau tokoh yang fenomenal dan pastinya keberadaannya memberikan dampak positif, berguna untuk orang lain. Nah, saya berpesan untuk media koran , semoga kita setidaknya masih membeli koran minimal seminggu sekali biar tidak menghilangkan sumber pencaharian mereka. Koran bisa dibaca dimana saja, saat kita sedang menikmati kemacetan ketika sedang di bus, kita bisa memanfaatkan koran untuk dibaca, atau saat kita sedang menuggu orang lain bisa disambi sambil membaca koran. Untuk yang terakhir adalah saya akan membahas internet. Internet pada zaman sekarang seperti nasi ya, yang pada intinya sesuatu yang wajib kita konsumsi, misalnya saat kita ingin mencari sesuat bisa tentang informasi terkini pasti secara tidak langsung kita harus bersentuhan dengan internet. Ya, karena akses internet ini sangat memudahkan kita apalagi bagi pengguna smartphone yang ditunjang oleh paket data semakin memudahkan kita mengakses informasi dimana pun lagi berada, entah itu lagi menunggu bus / kereta, atau lagi menikmati waktu lengah.


Ya, televisi, radio, koran, atau internet adalah sumber informasi yang mencoba menyajikan berita terupdate / terkini yang dikemas sesuai dengan style masing-masing, dan bertujuan sama ingin memberitakan kepada kita tentang kejadian apa saja yang terjadi. Sebagai penikmat berita, sebaiknya kita wajib melakukan kroscek ulang atau mengecek atara satu berita ke berita apakah beritanya sama atau tidak soalnya ada juga tim social media saat memberitakan membuat judul agak nyeleneh apalagi di internet, mungkin untuk  membuat para pembaca mengklik tersebut deh :D
Hmm..mungkin ada yang bertanya kepada majalah tidak dimasukkan dalam sumber informasi? Karena majalah bersifat mingguan atau bulanan ibaratnya mengambil intisari dari apa saja yang terjadi , lalu dimuat di media cetak, kalau menurut saya sih.


Jadi apa pun sumber informasi yang kalian pilih untuk mencari informasi mengenai berita yang sedang terupdate / terkini tergantung kapasitas dan kebutuhan kalian masing-masing. Kalau masih bertujuan sama dan satu, yaitu menginformasikan berita nyata, terkini dan terupdate masih batas sewajarnya mah masih sah-sah saja. Kalau kalian untuk mencari informasi terkini / terupdate melalui apa? Share yuk di sini ^^

35 komentar:

  1. Kurang 1 mbak, majalah yang ia lbh mendalam beritanya. Seperti tempo magazine :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, kan sudah saya bahas di akhir postingan hehe :)

      Hapus
  2. klo dulu seh tiap pagi masih rajin baca koran tapi semenjak ada HP pintar, jadi baca berita di detik(dot)com. lumayan lebih murah dan go green :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, secara tidak langsung kita meninggalkan bacaan koran ya :D.

      Hapus
  3. aku lebih suka dari internet :D
    entah kapan terakhir anteng di depan tv buat cari berita, semakin kesini programnya semakin banyak yang ngawur dan gak menarik soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Anggi, lebih simpel ya :D. Nah, untuk program televisi saya juga sudah membahas di postingan yang lainnya mbak hehe.

      Hapus
  4. media cetak dan media eletronik, masing2 memiliki kelebihan dan kekurangan, dan saya menggabungkan keduanya untuk bisa mendapatkan berita terbaru dan terkini...salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, ibaratnya semua sudah punya kegunaan masing-masing dan market sendiri ya mas :)

      Hapus
  5. saya lebih suka internet haha
    nonton tv jarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih praktis ya, mengakses internet via smartphone :)

      Hapus
  6. kalo saya lebih suka internet :)
    karena di internet saya bisa baca berita online, ndengerin streaming radio, dan jg nnton siaran streaming TV dan jg nnton youtube :D

    #rakus informasi :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, sekarang internet sudah memfasilitasi semuanya jadi lebih simple :)

      Hapus
    2. yoyoi betul banget, skaligus buat main game di internet. haha :D

      Hapus
  7. saya lebih suka televisi/koran kan. untuk memperkuat referensi butuh internet deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mungkin karena koran / televisi kita bisa melihat gambar secara lebih jelas ya :D

      Hapus
  8. kalo aq sih biasanya tetep dominan internet dan TV tapi juga ada kok mbak yg lebih nyaman baca koran daripada yg versi digital tapi ada juga yg sebaliknya sih hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah ko samaan si kang sama aku hehheee
      tapi kadang kadang aku juga masih suka dengerin radio,,, sambil nemenin kakek :D

      Hapus
    2. Topics : Iya, tergantung pribadi masing-masing ya untuk mencari informasi nyamannya via apa :D

      Irfan : Wah, radio itu kadang beritanya suka duluan updatenya loh :D

      Hapus
  9. btw, maaf belum bisa nylesein templatenya, lg lumayan ada kerjaan dikantor jd gak bisa nyambi >.<

    BalasHapus
  10. berkunjung tuan... salam kenal. mari berkunjung ke gubuk saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kan perempuan masa dipanggil tuan sih seharusnya nona , salam kenal kembali.

      Hapus
  11. milih internet aj deeh... ehehe

    BalasHapus
  12. Saya lebih suka Internet, sebab sumbernya lebih banyak.

    BalasHapus
  13. saya setuju dgn k3..
    lbih milih TV,,, bikos, udah disediakan stiap hari berita yg terjadi di nasional maupun internasional..
    nah, bagi yg telat nonton berita, bisa deh nyari sumbernya di internet ataupun koran..
    dan pasti di internet en koran udah di publish juga..
    tapi untuk keakuratan berita internet dibanding TV, udah jlas TV donk..
    kalo internet biasanya berita yg di update udah simpang siur :)
    hehe
    -keep blogging-

    #blogwalking.. follback jg y kk, (kalo sempat).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, setiap media beda , mempunyai perbedaan dalam mencari dan menyampaikannya namun semuanya sama memberikan informasi :D

      Okee...salam blogwalking ^^

      Hapus
  14. Aku suka semuanya tapi tergantung kondisi hati dan pikiran *Cliiing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aisssh hati dan pikiran lagi dijadikan alasan *eh

      Hapus
  15. Dari tv mbak, kaya'a lebih seru aja apalagi kalo ada interaktif.. :D

    BalasHapus
  16. Kalau pengen cepat biasanya saya mengandalkan internet, Mbak. Tapi tidak selalu membantu karena informasi terkini mengandalkan mengandalkan mesin pencari sih. Sementara berita terkini gak selalu langsung terindeks..Kalau sudah begitu setel TV atau baca Koran ::)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagai bahan referensi ya mbak Evi, dan memastikan sumber berita tersebut benar atau hanya mengada-ada hehe

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D