Pengikut

Kekuatan Lirik Lagu Indonesia

Salam Musik Indonesia ! Musik Indonesia adalah tuan rumah di Negri sendiri, yaitu Indonesia. Berbagai genre musik pun tersedia dari POP, ROCK, Reage, Jazz dll. Selera dan tingkat konsumsi rakyat Indonesia terhadap musik pun beragam, mungkin mereka lebih menyukai atau menyenangi jenis musik yang sesuai dengan perasaan mereka dan easy listening. Kalau menurut pandangan pribadi saya, banyak sekali lagu Indonesia dimana mempunyai kekuatan lirik yang sangat dahsyat, ibaratnya bisa membuat hati meleleh *eh . 
Hmm...pada postingan ini saya akan membahas sedikit dari sekian banyaknya lagu Indonesia yang menurut saya, kekuatan liriknya memilki "feel" yang luar biasa :D

Nah ! Oleh karena itu izinkan saya membahas postingan yang berjudul " kekuatan lirik lagu Indonesia" sesuai dengan pandangan pribadi saya : Saya sangat menyukai jenis musik yang beraliran pop seperti lagu-lagu Indonesia di era 90an hingga 2000an, jujur saja ya kenapa saya sangat menyukai lirik dari lagu era tersebut? karena saya menganggap lirik pada zaman itu sesuai kenyataan pengarang lagunya, ibaratnya sesuai dengan kenyataan pribadinya. Tanpa disadari, lirik lagu dari kisah nyata (pengarangnya) sebagai modal yang sangat kuat jika dibandingkan membuat lirik lagu karena permintaan pasar. Di samping itu lirik lagu pada masa tersebut bermakna sangat pas dan liriknya seperti menggunakan majas, puitis , romantis dan tidak menggombal secara abal-abal ibaratnya "pas" lah tidak berlebihan dan tidak kurang juga. Pada kesempatan ini juga saya akan membahas lirik lagu Indonesia yang menurut saya dalam hal kekuatan lirik itu masih berasa "getarannya" sampe sekarang :D


 >  Iwan Fals - Kemesraan 
Suatu hari di kala kita duduk di tepi pantai dan memandang ombak di lautan yang kian menepi......suara alam ini hangatkan jiwa kita. Kemesraan ini janganlah cepat berlalu...kemesraan ini ingin ku kenang selalu, hatiku damai jiwaku tenteram di sampingmu.
Begitulah secuil lirik yang saya kutip di lagu Bang Iwan Fals yang berjudul Kemesraan, kalau menurut saya lirik tersebut romantis sekali, terlihat di awal dimana sang pengarang memulai dengan kata "suatu hari di kala kita duduk di tepi pantai > pasti kita langsung mengingat peristiwa saat kita pernah menikmati keindahan pantai yang dimana semilir anginnya membawa kenangan secara tidak langsung, lagu ini juga mengingatkan kita, bahwa DIA (Sang Pencipta) menciptakan pantai dimana pantai adalah tempat yang damai, sejuk dan pemandangan di sana sungguh luar biasa indahnya. Suasana pantai bisa kita nikmati keindahannya bersama orang-orang tercinta dan tersayang entah itu bersama pacar, sahabat atau keluarga, seperti lirik berikut > kemesraan ini janganlah cepat berlalu..kemesraan ini ingin ku kenang selalu, hatiku damai jiwaku tenteram di sampingmu > ya, seperti itu keinginan kita saat sedang berkumpul dengan mereka semua, rasanya kemesraan  saat kebersamaan tidak ingin cepat berlalu namun pada kenyataan jika kita sedang menikmati kebersamaan pasti waktu itu cepat sekali berlalunya ya kan? hayooo ngaku :p



> Mari Bercinta _ Sheila On 7
Pasti kalian yang menikmati musik di era 90an hingga 2000-an pasti mengetahui salah satu lagu band Yogyakarta yang berjudul Mari Bercinta yang diciptakan oleh Anton, Mantan Drummer Sheila On 7.  Terlalu banyak cinta kan binasa...tentukan yang utama yang satu tercinta kan jadi teman hidup yang setia......lihat dirimu semakin jauh mengayuh lewati segala tujuan hidup yang kau tempuh. Kalau menurut pandangan pibadi saya, pencipta lagu selain menciptakan kata-kata yang bijak namun tak lupa juga menyelipkan sebuah nasehat bisa di lihat pada lirik > terlalu banyak cinta kan binasa, nah pada lirik itu menjelaskan atau menyarankan kepada kita, kita harus punya satu cinta kepada lawan jenis, tidak boleh dua atau banyak , karena jika banyak cinta kan binasa, dan tak lupa juga pencipta lagu berpesan juga kepada kita ( pendengar ) bahwa tentukan yang utama yang satu tercinta, ya karena dalam hal memilih cinta kita wajib memilih satu orang saja dan satu cinta yang akan menjadi teman hidup yang setia. Pada bagian akhir saya  sangat menyukai kutipan lirik ini, lihat dirimu semakin jauh mengayuh lewati tujuan hidup yang kau tempuh, mungkin sebelum menemukan "cinta", harus mengayuh perjalanan hidup yang sudah di tempuh sangat jauh demi menemukan "tujuan hidup".


Sebenarnya ingin membahas lebih banyak lagi, namun cukup sampe di sini saja. Lain waktu bersambung lagi hehehe. Ya, harap maklum jika ada kata yang tidak "pas" dalam menggambarkan arti lirik lagu tersebut, Saya hanya sharing sesuai dengan pandangan pribadi saya saja :)


- Salam Musik Indonesia -

4 komentar:

  1. mungkin masih banyak lagi lagu2 luar negeri yang dibawah tahun 90'an bukan hanya liriknya yang sakti, namun instrumen lagunya begitu sangat sakti, bahkan banyak lagu luar negeri yang menjadi kontrofersi, misal Hotel California milik eagles, angie milik rolling stone, dan masih banyak lainnya lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, namun pada kesempatan ini saya lagi membahas lagu Indonesia :D .

      Hapus
  2. saya setuju mbak. Lirik lagu pop indo 2000an lebih personal. Saya pribadi suka sama lirik2 yg dibikin Sheila terutama ciptaan Eross.

    Pop sekarang lebih cengeng dan terlalu ngikutin pasar. Kayanya label juga berperan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, karena lirik pada tahun 2000-an lebih "berkelas" dan "berkualitas" dalam hal maknanya. Ya, begitulah..kalau tidak mengikuti pasaran takut gak laku *eh

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D