Pengikut

4 Jenis Makanan Untuk Penderita Diabetes

Sumber gambar : kimochiku.blogspot.com
Tercatat pada tahun 2013 saja penderita diabetes di dunia sebesar 382 juta orang, nyaris 1/20 dari keseluruhan total penduduk. Walau banyak orang yang menganjurkan untuk mengurangi dan tidak lagi mengonsumsi makanan enak, tapi para dokter justru berkata lain. Para penderita diabetes masih bisa menikmati santapan atau hidangan enak, tapi dengan catatan mereka bisa mengontrol diri dan disiplin. Mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat adalah salah satu caranya agar Anda bisa mengontrol kadar gula darah.
Dokter juga menyarankan agar Anda menurunkan massa tubuh sebesar 5-10% agar level gula darah tidak terlalu tinggi. Selain membantu mengurangi tingkat gula darah, mengurangi beban juga dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Masalah utama yang sering dihadapi oleh para penderita diabetes adalah jenis makanan. Seperti yang telah disebutkan pada judul artikel ini akan membantu Anda dalam menentukan jenis makanan apa yang baik untuk Anda konsumsi. Berikut daftarnya:

* Sarapan bubur sangat disarankan karena tubuh membutuhkan waktu untuk memprosesnya, sehingga  gula darah pun menjadi terkontrol. Hal yang sama juga berlaku untuk oatmeal, dan gandum.
    * Sayur-sayuran serat tinggidan rendah karbohidrat seperti brokoli, bayam, dan kacang hijau sangat baik untuk diet diabetes.
   *Pilih nasi cokelat dibandingkan nasi putih karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mengolah nasi cokelat, sehingga tidak menyebabkan kenaikan mendadak dalam gula darah kita.       
    *Bagi penderita diabetes, mengonsumsi protein lebih baik dibandingkan karbohidrat. Meski begitu, protein yang berasal dari ikan atau ayam lebih baik dibandingkan daging merah. 

   Makanan diatas adalah makanan yang ada baiknya sering dikonsumsi untuk membantu Anda mengontrol kadar gula darah. Nah, tidak hanya itu saja. Tentunya para penderita diabetes memiliki pantangan terhadap beberapa jenis makanan. Berikut daftar pantangannya:

    ~ Tubuh kita akan segera mengolah roti putih menjadi gula darah, sehingga dengan cepat menaikkan  kadar gula darah. 
     ~ Kurangi konsumsi sayuran yang tinggi karbohidrat seperti kacang polong, kentang, ubi, dan jagung         

Penyakit ini tidak selamanya akan membuat Anda kesusahan. Pada intinya ubahlah kebiasaan Anda menjadi pola hidup sehat agar kebugaran tubuh Anda bisa terus terawat dan terjaga. Ingin selalu update tentang tips-tips kesehatan terbaru? Kunjungi saja Kalcare.co.id! Selamat mencoba!

31 komentar:

  1. terima kasih sharingnya, menjaga kesehatan lebih baik ya.

    BalasHapus
  2. Informasi penting. Cocok buat ibu mertuaku yang punya sakit diabetes. Makasih mba sharingnya.

    BalasHapus
  3. makasih mba...perlu diingetin meski udah sering baca tentang ini

    BalasHapus
  4. Info yang bermanfaat, izin save ya mba..

    BalasHapus
  5. cocok nih, nenek saya juga termasuk pengidap penyakit diabetes, makasih infonya mbak,

    BalasHapus
  6. Pas banget. Ibuku kena diabetes. Bisa dibuat praktik.

    BalasHapus
  7. Wah sarapan bubur bagus ya? Tapi bubur polos tanpa kecap dan macam-macam kali ya. Dan untuk beras coklat, sepertinya harus bertahap mbak, krn rasanya aneh, hehe. Mulai dari mencampur beras putih+merah trus full merah. Lalu campur merah+cokelat. Baru full cokelat. Bahkan yg lebih bagus lagi beras hitam, tapi ya itu, berat ngunyahnya, hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu perjuangan ya Mbak ngunyah beras hitamnya hehe

      Hapus
  8. wah bermanfaat nih tulisannya ..
    http://mariana.my.id/

    BalasHapus
  9. tfs, Mak.

    saya tiap hari sarapan bubur tapi coffee breaknya gorengan, hehe

    BalasHapus
  10. pak dhe ku kena diabetes, sudah meninggal, karena memang sudah parah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Al-fatihah ya Mbak untuk Pak dhenya :)

      Hapus
  11. Perlu dicoba nih buat ibu. :) Makasih sharenya

    BalasHapus
  12. wah mbak, nasi cokelat itu nasi apa ya hehehhe baru taauuu, aku taunya nasi hitam sama merah. Thanks for sharingnya ya mbak ini artikel semoga bisa menyehatkan penderita diabetes :)

    BalasHapus
  13. Duh. godaan untuk yg manis itu memang selalu lebih kuat. Padahal kan udah tahu diabetes itu bahaya bgt.. makasih bgt mba udah diingatkan. Nice share..

    BalasHapus
  14. suami saya punya potensi diabetes mbak. harus jaga asupan makannya nih. tfs mbak.

    BalasHapus
  15. bapak saya juga diabet mbak..pokoknya makannya kurangi manis manis sama kalau siang atau pagi biasanya sayurnya pare pait, doyan ? :D

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D