Pengikut

Intip yuk 5 Etika Blogger dalam Menunjang Kegiatan Ngeblognya

Ilustrasi ngeblog (pixabay) 

Blogger dan dunia blog seperti hubungan “simboisis mutualisme” dimana saling menguntungkan, sederhananya seorang yang mempunyai blog akan dijuluki sebagai blogger, dan seorang blogger pasti akan berkutik di blognya dari sharing tentang tips, kuliner, wisata sampai job review. Blogger itu harus mempunyai etika loh, baik di dunia nyata maupun di dunia maya, kenapa? Etika itu cerminan sikap seseorang loh. Sebagai seorang blogger, sebaiknya kita mempunyai etika yang baik di dunia nyata maupun maya (social media). Intip yuk etika yang harus dimiliki oleh blogger masa kini :)



1. Update Postingan untuk Menebarkan Konten Bermanfaat dan Positif

Sebagai seorang blogger kita dituntut untuk mempunyai etika yang baik, misalkan update postingan blog untuk menebarkan konten yang bermanfaat dan positif. Percaya dong sama kekuatan tulisan bisa mempengaruhi orang lain?  Yuk, sebagai blogger kita harus mampu mengikuti pesatnya era digital dengan menuliskan informasi yang mengedukasi dan menebarkan konten bermanfaat.


2. Lakukanlah Blogwalking Sebagai Ajang Perkenalan Sesama Blogger

Bagi saya pribadi blogwalking itu penting sekali, bukan hanya semata-mata untuk menarik view lebih tapi sebagai ajang perkenalan sesama blogger juga loh. Misalkan, saat BW alias blogwalking ke blognya A, nah dari silahturahmi ke blognya bisa mengenal sosok bloggernya, apa yang dibahas pada postingannya dan pastinya bisa menambah pengetahuan dari sisi informasi yang diulas pada postingannya.



Biasanya seorang blogger akan lebih mengenali blogger lainnya awalnya dari blogwalking loh, nah setelah itu baru deh berkenalan di dunia nyata.  Siapa yang pernah mengalaminya?


3. Jaga Nama Baik Komunitas Blogmu Saat Menghadiri Event / Acara

Berhubung sekarang sudah era digital maka dapat dipastikan kehadiran seorang blogger dapat membantu brand untuk memasarkan produknya di pasaran melalui tulisannya. Oleh karena itu, sebaiknya kita sebagai seorang blogger juga wajib menjaga nama baik komunitas blog yang sudah membantu para blogger bisa hadir di event yang diselenggarakan oleh suatu brand. Menjaga nama baik komunitas blog itu bisa dilakukan dengan memperlihatkan kalau blogger juga mempunyai "etika" yang baik. Misalkan, ambilah makanan yang secukupnya, jangan terlalu "berlebihan" ambil makanan semuanya.



4. Jadilah Blogger yang Netral Tidak Saling Memihak

Yaps, jika saya memperhatikan timeline social media dunia blog mengalami kemajuan yang sangat pesat ya, banyak sekali acara yang melibatkan kehadiran blogger sebagai tamu di eventnya. Terlepas dari apapun yang terjadi di dunia nyata ataupun timeline social mediamu, tetap jadilah blogger yang netral, gak perlu ikut-ikutan bela sih A,  B atau C, ibaratnya menyimak lebih baik :)



5. Tetap Memegang Prinsip Hidup Diam Lebih Baik dan Jangan Berkoar-koar Jika Tak Sesuai dengan Keinginanmu

Nah, etika yang kelima yang menurut saya penting adalah sebagai blogger tetap memegang prinsip hidup dalam arti kalau misalkan ditawarkan job oleh suatu brand dan nominal pembayaran tak sesuai akan lebih baik diam saja jika memang gak mau ambil job tersebut. Jangan sampai berkoar-koar di social media jika fee tidak sesuai. Cukup jadi rahasia pribadi saja, dan kalau pun ingin berbagi dengan teman blogger lainnya bisa di grup tertutup.



Nah, kalau menurut kamu sekalian etika apa lagi sih yang diperlukan oleh seorang blogger masa kini selain 5 hal yang sudah disebutkan pada postingan ini. Yuk, ditunggu sharingnya :)

30 komentar:

  1. nice tips mba, ma kasih ya shre nya

    BalasHapus
  2. setuju, tulisan bisa mempengaruhi orang lain. Blogwalking ini paling sering aku lupakan mbak hehe. Makasih sharingnya mbak.

    BalasHapus
  3. Saya setuju dengan kelima point tersebut apalagi poin pertama dan kedua.... blog sarana untuk berbagi ilmu dan menambah persaudaraan

    BalasHapus
  4. Betul banget mba , 5 hal diatas itu sangat penting . Apalagi buat aku yg msh newbie

    BalasHapus
  5. Nomor 5 itu memang harus benar-benar kita pahami dengan baik ya Mbak. Saya menemui ada oknum2 seperti itu, sedihnya saat kepepet justru mengkontak pihak yang sudah mereka caci :(

    BalasHapus
  6. Mau berprofesi apapun intinya sih tetap jaga attitude ya, mbak.

    BalasHapus
  7. Hahahha.. suka dengan etika yang ke 3 dan 5.
    Selalu saja ada yg melanggar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, semoga semakin banyak blogger yang sadar diri hehe

      Hapus
  8. Etika nomor lima yang harus butuh perjuangan. HIhiii

    BalasHapus
  9. Yang terakhir benar banget mba, kalau punya opini sendiri silakan pertahankan tapi jangan pakai esmosi dan hormati opini orang lain.

    BalasHapus
  10. Makasih tips nya, sangat bermanfaat dari poin 1-5

    BalasHapus
  11. Setuju semua, mba. Terutama jaga attitude di segala kesempatan, apalagi saat diundang event. Mewakili komunitas pun harus menjaga nama baik komunitasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, menjaga nama baik komunitas kewajiban ya kak :)

      Hapus
  12. Sepakat mba menjaga attitude itu penting ga hanya untuk diri tapi komunitas maupun instansi yang kita bawa :)

    BalasHapus
  13. Punten kak, kenalan atuh, saya Sandra... lagi BW, mangga silahkan mampir2 juga ke blog aku kaak :D

    BalasHapus
  14. Positive attitude emang nomor satu ya tis..segala hal pasti bersumber dari situ deh awalnya..hehe

    BalasHapus
  15. makasih mba Titis diingatkan. menekuni dunia blogger itu harus punya benteng diri biar ga terpengaruh hal2 diluar prinsip kita

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D