Pengikut

Peduli Lingkungan dan Alam untuk Selamatkan Makhluk Hidup

  
Alam sangat indah, Dataran Tinggi Dieng
Sumber : Pribadi
Lingkungan dan alam bisa diibaratkan sebagai sahabat sejati, dimana saling melengkapi, misalnya lingkungan yang bersih maka akan menghasilkan udara yang segar, hijaunya daun akan mampu menyeimbangkan fungsi alam untuk keindahan. Bisa dikatakan lingkungan itu seperti ruang ternyaman kita untuk melakukan sesuatu. Lingkungan yang damai, bersih dan tentram mampu membuat kita betah untuk bertempat tinggal disitu. Lingkungan juga mampu membentuk kepribadian manusia menjadi manusia yang hebat, manusia yang saling menghargai dan menginspirasi orang lain. Berbicara lingkungan, maka kita akan menuju lingkungan itu harus seperti apa kah? Masih ingat kah kamu saat masih bersekolah di bangku sekolah dasar ketika kamu harus menggambar lingkungan di sekitarmu? Pasti akan menggambar tentang warga masyarakat yang saling bahu-membahu untuk kerja bakti membersihkan selokan yang mampat karena sampah. Atau kamu akan menggambar tentang tanaman-tanaman hijau yang menghiasi pekarangan rumahmu. Ah, dari kecil saja kita sudah diajarkan untuk peduli dengan lingkungan, kenapa saat kita beranjak dewasa rasa peduli lingkungan itu mulai sirna? Karena lingkungan sosialmu atau kurangnya kesadaran diri?


Peduli lingkungan harus kita tanamkan kembali jika sudah mulai sirna. Cara sederhananya adalah buanglah sampah pada tempatnya , rawatlah tanaman biar bisa menciptakan kehijauan di sekitar lingkungamu. Sadar diri kuncinya, sudah saatnya kita peduli lingkungan ditingkatkan kembali. Karena tanpa disadari lingkungan akan membawa angin positif untuk dirimu sendiri, ketika lingkungan itu aman maka kita tidak akan ketakutan untuk keluar rumah atau ketika lingkungan itu ditumbuhi beranekamacam tanaman hijau maka akan menciptakan kesejukan dan keindahan untuk memandangnya.Yuk, peduli lingkunganmu dan saatnya berkontribusi nyata. Tak perlu muluk-muluk, bersihkan selokan di sekitarmu dari tumpukan sampah dengan cara kerja bakti. Wajib mempunyai tanaman hijau untuk mempercantik pekaranganmu ataupun untuk menghasilkan oksigen di sekitarmu dan udara pun Segar. Nah, dalam membahas lingkungan maka kita gak akan lupa untuk membahas tentang alam.

Alam itu ciptaanNya yang menawarkan keindahan yang luar biasa. Kita sebagai manusia hanya diwajibkan untuk melestarikannya dan menjaganya. Sebagai manusia, kita bisa belajar dari provinsi Riau dimana alam jika tidak dirawat dengan baik maka akan punah. Ketika uang dijadikan alasan utama untuk memusnahkan alam secara tidak langsung, dengan membakar hutan untuk membuka lahan baru. Sadarkah  kalian jika perilaku egois akan merugikan orang banyak? Miris ya, melihat kabut asam yang tak kunjung selesai, sehingga menyebabkan udara kotor dan banyak anak kecil yang terkena ISPA. Oh Indonesiaku, apa salahnya negeri yang kucintai ini? Apakah ini efek dari kesombongan terhadap ciptaanMU, alam? Hutan yang seharusnya dijadikan sumber oksigen dan daerah resapan air kini semuanya mulai punah, ketika hutan dibakar oleh manusia? Duuuuh! Sesaknya....Hutan yang seharusnya sebagai tempat "makhluk hidup" untuk survive justru membuat hewan dan tumbuhan menjadi sasarannya, mereka mulai merasakan ketidaknyamanan. Yuk, Save Hutan Indonesia ^^



Sadar diri dimulai dari diri sendiri, peduli lingkungan dan alam bukan hanya untuk sesama manusia tapi untuk makhluk hidup,tumbuhan dan hewan bahwa mereka berhak untuk hidup. Yuk, buanglah sampah pada tempatnya, bersihkan selokan di tempat tinggalmu dan tanam-lah tanaman di sekitar pekaranganmu, cukup dengan pot biar udara di sekitar kita segar, hijaunya daun mampu untuk mendamaikan suasana. Hutan milik bersama, rawat "mereka" khususnya bagi yang suka mendaki ke gunung, jangan pernah merusak keindahan, jika tidak ingin menyesal dikemudian hari. Alam berhak bebas dan kita wajib menjaganya.


18 komentar:

  1. setuju mbak, peduli lingkungan bisa dimulai dari hal kecil, kalo saya, cuma bisa nanem anggrek, karena lahan sempit, itu juga di sempil sempilin di tembok haha..

    BalasHapus
  2. nah yang sederhana saja banyak loh yang belum bisa ya, seperti buang sampah.Sedrehana tapi sulit dilakukan orang indonesia

    BalasHapus
  3. Bisa dimulai dg hal sederhana ya tis, misal menciptakan kebun mini di sekitar rumah, coba kalo tiap rumah diwajibin ada pohon, pasti ga kan panas

    BalasHapus
  4. sangat inspiratif..
    yuuk kita lebih peduli terhadap lingkungan
    dimulai dari hal yg kecil, dimulai dari diri kita sendiri :)

    BalasHapus
  5. jadi ingat dulu pernah kepikiran, gimana seandainya di Jakarta ada rooftop garden di tiap gedung, dan tanamannya tanaman yang produktif bisa buat dimakan. Trus hasil dari tanaman itu dibagi-bagi kewarga Jakarta. Udara lebih bersih, makanan lebih sehat, orang miskin terbantu.

    BalasHapus
  6. mbak, aku terinspirasi tulisanmu, jadi buat tulisan ini :)
    http://www.nissanov.com/2015/10/jakarta-roof-top-farm.html

    BalasHapus
  7. Ayo save hutan indonesia...!!
    saya dan suami semenjak nikah mulai membiasakan untuk merayakan sesuatu dgn menanam pohon..miris dgn lingkungan di sekitar saat ini :(

    BalasHapus
  8. ada yang bilang bahwa alam kita sekarang ini bukanlah warisan leluhur kita, tapi merupakan pinjaman dari generasi selanjutnya. Makanya ayo kita jaga selalu alam dan lingkungan hidup kita. Hijau Indonesiaku...

    BalasHapus
  9. ayooo...banyak hal sederhana yang bisa menyelamatkan bumi ini..termasuk buang sampah pada tempatnya dan memisahkan jenis sampah..

    BalasHapus
  10. Menurutku sih lebih ke soal egoisnya manusia. Mereka mikirin diri sendiri tanpa mikirin sekitarnya. Contoh nyata nih ya, ada satu rumah yang di belakangnya ada pohon gede. Pohon gede itu ditebang dengan alasan "supaya jemuran cepet kering". Mereka gak mikir kalo pohon itu adalah rumah bagi banyak kehidupan, dan mereka gak sadar kalo pohon itu memberikan udara yang lebih segar bagi mereka.

    Dan banyak contoh lain yang bener-bener bikin miris :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, padahal Pohon itu menghijaukan bumi ya :)

      Hapus
  11. paling gemes sama yang naik mobil tapi masih buang sampah lewat jendela mobilnya, duh mobil bagus tapi kok nggak elegan banget kelakuannya :(((

    BalasHapus
  12. bener banget mbak sadar itu dari diri sendiri....

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D