Pengikut

Sehari Tanpa Gadget : Bebas Menikmati Hidup

Halo Weekend ^^

Gimana kabarnya semuanya? Semoga sehat selalu ya :) . Oh iya, jika kamu dikasih tantangan untuk menuliskan tentang sehari tanpa gadget, bisa gak? Apa yang akan kalian ceritakan di postingan blog? Kalau aku sih, penasaran ya? Yuk di baca pengalamanku sehari tanpa gadget :)


Hari weekend itu terdiri dari dua hari yaitu sabtu dan minggu. Weekend, tepatnya hari minggu saya sengaja memanfaatkan waktu sehari tanpa gadget. Emangnya bisa sehari tanpa gadget? Saya sih akan menjawab bisa ! Terus kegiatan saya ngapain aja selama sehari tanpa gadget? Begini penjabaran saya :). Saya memilih hari minggu sebagai sehari tanpa gadget karena hari minggu adalah hari yang santai dan bebas "memanjakan diri". Dimulai dari bangun tidur sekitar jam 5 pagi, maka sebagai umat Islam, sholat adalah kewajiban yang harus dilaksanakan setiap hari, setelah melakukan sholat maka saya akan menjabarkan kegiatan saya seperti di bawah ini :

  • Menikmati Pagi Hari dengan Olahraga 
Olahraga itu mudah kan ya? Kalau tidak mempunyai peralatan yang mendukung aktivitas olahraga, cukup dengan lari saja sudah melakukan olahraga. Dan jika tidak ada ruang terbuka di sekitar wilayah tempat tinggal Anda, cukup lakukan di halaman rumah seperti lari di tempat, menggerakan tangan dan kaki, atau mendengarkan musik senam poco-poco sudah mewakilkan olahraga di pagi hari. Ya, begitulah kegiatan saya dalam menikmati kehidupan di pagi hari. Jadi, masih menolak untuk tidak berolahraga di pagi hari? Mudah kan olahraga? Yuk ! Mulai  weekend ini kita biasakan diri dalam berolahraga, menikmati udara yang segar di pagi hari dan menjaga kesehatan juga tentunya :)  (Gambar : Google)

  • Berkebun atau Bermain dengan Tanaman
Alhamdulilah ya, di sekitar halaman rumah saya ditanamin tanaman seperti sirih, jeruk, lidah buaya, melon. Meski hanya sedikit dari jumlah ribuan tanaman, namun kegiatan saya di rumah ini turut membantu penghijauan di  kota / sekitar rumah tinggal Anda. Oh iya, kegiatan berkebun ini bisa kalian lakukan setelah kegiatan olahraga tadi, namun harus dikasih jedah waktu ya misalnya 20 menit dari olahraga. Soalnya, untuk mengatur nafas juga setelah tadi lelah berolahraga. Sambil menunggu waktu 20 menit tersebut, kalian bisa melakukan aktivitas seperti minum air putih / teh atau sekedar istirahat saja. Nah ! Setelah nafas kalian sudah mulai normal lagi, kalian bisa melanjutkan waktu untuk berkebun seperti saya. Saya sangat menyukai berkebun, bagi saya berkebun itu menyenangkan meski bukan di lahan yang luas. Bermain dengan tanaman di pot / botol bekas, seperti berkebun bagi saya. Dimulai dari menggali tanah sampe dalam, lalu menebar biji melon dan kemudian ditutup lagi dengan tanah lalu pupuk juga. Ah ! Berkebun itu menyenangkan, berani kotor itu baik hehe. Tanpa tersadar, saya sudah menghabiskan waktu sekitar 2 jam untuk berkebun. Pesan saya, berkebun itu tidak harus di lahan yang luas saja, cukup memanfaatkan pot atau botol bekas kalian sudah berkebun kok, versi saya :) . Ya, selain kalian memang sangat menyenangi kegiatan berkebun, kalian juga sudah turut menjaga bumi ini. Salam Penghijauan ^^


  • Tidur Siang
Setelah lelah kegiatan di pagi hari hingga menjelang siang hari, pasti kalian lelah kan ya? Begitu pun dengan saya, maka saya memutuskan untuk tidur siang. Tapi jangan lupa sebelum tidur siang kalian harus melaksanakan kewajiban umat Islam ya, 5 waktu dan makan siang :) Biasanya, saya paling lama tidur siang sekitar 3 jam hehe. Dan tidur siang itu kadang membuat saya lebih menikmati hidup, seperti menghilangkan sementara beban hidup hihihi. 
                                                                                                            Sumber : Google
  • Membaca Buku atau Novel
Nah ! Tanpa tersadari, hari sudah sore saja ya hehe, Pada sore hari, saya biasanya menghabiskan waktu dengan membaca buku atau novel yang sudah saya beli sebelumnya. Seperti, pada sore ini saya membaca novel Faith yang menceritakan tentang kisah wanita yang gigih dengan prinsip hidupnya karya T. Andar. Nah, setelah melahap sampe akhir, kemudian saya istirahat dahulu untuk melaksankan kewajiban di waktu Ashar :). Setelah hati tenang, maka saya lanjutkan untuk membaca buku kedua yaitu Istighfar untuk Sukses dan Kaya karya Muhammad Muhyidin. Ternyata waktu cepat sekali ya, eh sudah menuju waktu Maghrib, kemudian saya berhenti sejenak dari membaca untuk melanjutkan kewajiban saya lagi di waktu Maghrib. Setelah, melaksanakan kewajiban, saya pun melanjutkan membaca, hingga pukul setengah delapan malam. Saya pun mengakhiri membaca buku tersebut, kemudian saya lanjutkan makan malam.


  • Menulis di Kertas HVS
Setelah melakukan kegiatan membaca maka saya bergerak untuk menulis, setidaknya saya mempunyai gambaran apa yang ingin saya tuliskan nanti di blog nanti. Walaupun hanya sebaris atau dua baris tulisan di kertas HVS tersebut, setidaknya "ide" saya tidak hilang begitu saja. Menulis di kertas HVS, sering saya lakukan jika tidak sedang menggunakan smartphone. Ya, menulis di HVS itu seperti draft, wadah yang digunakan untuk menampung sementara tulisan yang akan siap di publish di blog :). Waktu semakin berlalu dan tak kerasa sudah seharian saya tanpa gadget, dan malam ini pun saya tutup dengan curhat kepadaNYA edisi sholat Isya sebelum saya melanjutkan mimpi alias tidur malam :).


Jadi, begitulah kegiatan sehari-hari saya tanpa gadget. Kalau kalian gimana? Yuk ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar ya :). Ternyata sehari tanpa gadget, saya bisa dengan bebas menikmati hidup tanpa harus mengecek smartphone atau kecanduan WhatsApp , Line, buka FB danTwitter untuk sehari saja. Ternyata kebebasan dalam menikmati hidup itu mudah untuk dijalankan loh. Yuk di coba :). Yes ! Aku bisa sehari tanpa gadget ^^




24 komentar:

  1. asik tuh masih ada menulis di kertas HVS udah lama ga nulis di kertas nih... kaku2 mungkin nih tangan..

    sepertinya aq ga bisa deh sehari tanpa gadget hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk ! Dicoba menulis lagi di kertas ^^

      Hapus
  2. Sehari tanpa Gadget tuh indah! Iya, Indah, ga ada yg ganggu \(ˆ▽ˆ)/

    BalasHapus
  3. jaman gw kuliah juga gw sering nulis di kertas HVS gara2 males bawa file yang berat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berguna banget itu catatan di HVS apalagi buat contekan pas uts atau uas hihihihi

      Hapus
  4. aku juga masih suka nulis di kertas kak :D
    minimal biar ada gambaran yaa mau posting apa di blog hehe
    goodluck ya kak buat GA-nya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, menulis di kertas masih diminati juga ya hehe.

      Siap ^^

      Hapus
  5. Paling enak tuh tidur seharian :p

    BalasHapus
  6. O ya, saat ini dengan majunya teknologi dan munculnya gadget, malah mengembalikan sebuah peradapan jaman batu dimana seseorang lebih banyak berinteraksi dengan benda dibanding orang yang ada disekitarnya. Coba lihat disekitar anda orang cenderung diam dan mencolek colek gadgetnya dan sesekali tersenyum padahal dia berada di jalan atau keramaian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, kecanggihan teknologi ada dua dampak yg dihasilkan, baik dan buruk dan tergantung pribadi yang menyikapinya :)

      Hapus
  7. Halo mak, Salam kenal
    Saya pernah mak. malah g sehari. Tapi selama hampir 3 minggu tanpa gadget. Bagaimana tidak. Smartphone yang saya pakai tidak mendapatkan signal sama sekali selama saya mudik kekampung halaman dikalimantan. (Jika menggunakan hp jadul malah signalnya full) hikss. Tidak pegang gadget itu rasanya bagi saya waktu itu, Tenang dan Damai mak, Waktu untuk sekedar ngobrol dan bercerita dengan keluarga jadi lebih banyak, tidurpun jadi lebih cepat (kebiasaan sebelum tidur pegang gadget). Ya walaupun gara2 gadget tidak berfungsi saya jadi banyak ketinggalan berita. hikhikhik #maaf ya mak ceritanya kepanjangan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gak p2 Mak , ceritanya bermanfaat :)

      Iya ya, harus ada faktor pendukung ya biar bisa terealisasi sehari tanpa gadget hehehe. Betul, ketinggalan berita terasa banget nyatanya hihihi.

      Hapus
  8. menulis yang bener-bener menulis itu ya di kertas HVS itu mbak, herhehe...yang jelas, sehari tanpa gadget, bikin lebih sehat ya,,, patut dicoba,, aku jarang olahraga nih,, huaaaaaaaaa...

    makasih udah ikutan,, tunggu mas n mbak juri mencatat :)

    BalasHapus
  9. kalau setahun Tanpa Gadget gimana ya ?

    kunjungan balik ya

    BalasHapus
  10. tentunya sehari tanpa gadget bisa memberi kehidupan baru yang lebih baik ya..

    BalasHapus
  11. Halo Titis... Juri berkunjung untuk mencatat ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bunda Niken sudah berkunjung ya :)

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D