Pengikut

Yuk, Mengenali Potensi Blogger Balikpapan Lidha Maul

Sumber : Blognya Mbak Lidha
Wih, tak terasa bulan Mei ini akan segera berakhir ya dan akan memasuki bulan suci ramadan. Sudah pada bayar hutang puasanya? Pastinya sudah dong! Pada postingan ini mau membahas tentang pemenang arisan blogger perempuan nih. Deg....deg....seeeeer pemenangnya adalah blogger Balikpapan yaitu mbak Lidha Maul. Ada yang belum kenal? yuuuuuuuuuuuk kenalan! Blogger perempuan yang sekarang bertempat tinggal di Balikpapan ini biasa dipanggil Lidha atau Maul. Beberapa waktu lalu, saya sempat ngepoin kehidupannya melalui pesan online langsung dari doi loh. Setelah "resign" dari pekerjaannya sebagai guru, sekarang mbak Lidha lagi sibuk menikmati kehidupannya sebagai Ibu rumah tangga dan entrepreneur Balikpapan yang berkolaborasi dengan suaminya. Pemilik blog bulir jeruk ini sudah kenal dengan dunia blog dari tahun 2010. Jika dilihat dari nama blognya bulir jeruk pasti pada penasaran ya, kenapa bisa dinamakan bulir jeruk?

Kalau menurut doi, pas waktu membuat domain untuk blog sendiri memang tidak mau menggunakan nama sendiri. Awalnya menggunakan bulir jeruk itu karena doi suka buah-buahan dan berkebun juga. Selain itu, doi juga suka menggambar dengan tema alam dan buah jeruk lah yang mewakilinya dan jeruk juga vitamin c jadi harapannya bisa jadi vitamin bagi pemiliknya. Tertarik mempunyai domain unik juga? Boleh kok! Kalau dilihat dari blognya, mbak Lidha ini memiliki bakat loh yang berbau desain, penasaran? Bisa main ke > http://www.bulirjeruk.com/ , awalnya suka desain berawal dari drawing, sketsa. Selain berbakat desain, doi juga mempunyai bakat lain yaitu menulis fiksi, kebetulan juga saya ingin belajar menulis fiksi jadi saya minta tipsnya untuk memulai menulis fiksi. Kalau menurut diam berawal melamun dan mengayal dimana selanjutnya diolah menjadi cerita. Kalau ingin belajar fiksi, dimulai dari mempelajari EYD, tanda baca dan persoalan diksi. Mbak Lidha ini memang asli orang Balikpapan loh. 


Kebetulan aku belum pernah ke Balikpapan jadi tanya deh, gimana sih rasanya tinggal disana? Menurut dia Balikpapan ini kota besar meski tak sepadat Jakarta dan Surabaya namun untuk potensi kota dagang cukup besar. Selamat ya Balikpapan dinobatkan sebagai kota paling dicintai di dunia, mau tahu alasannya? silahkan bermain ke mbah google ya untuk mencari tahu alasannya hehehe. Dulunya, doi mengajar sekarang sih katanya sudah move on dari mantan, ya mantan muridnya jadi sekarang kegiatannya lebih disibukkan untuk berbisnis selain menjadi Ibu rumah tangga. Duet maut sama suaminya dalam membangun bisnis di bidang makanan, pakaian sampai merambah ke agrobisnis juga.



Bisnis di bidang pakaian berupa pakaian khusus muslim dan muslimah. Sedangkan di bidang makanan ada snack, kalau bidang agrobisnis berupa sereh. Demi belajar bisnis, doi rela bolak balik ke Jawa buat belajar agrobisnisnya dan akan di budidayakan di Balikpapan. Dan snack mengambil dari Malang, wah semangat ya mbak Lidha ^^


Pertanyaan selanjutnya, aku menanyakan mengenai perkembangan dunia blog seperti apa sekarang ini dan mbak Lidha Maul menjawab setelah vacum dari dunia blog meskipun hanya memanfaatkan blog sebagai ajang curhat. Dia agak terkesima dengan gejolak dunia blogging yang ada. Sekarang potensi blog naik ke jenjang yang lebih tinggi, menurut saya. Blog menjadi bagian dari strategi marketing yang memiliki nilai jual. Era digital membuat orang selalu mencari data tapi sebagai manusia kita tetap butuh cerita. Blog menawarkan itu semua, lewat keunikan kehidupan pengelolanya, blog menjadi seni baru dalam menjual.


Pada penasaran gak, apa yang dibahas mbak Lidha di blognya? Nih, aku kasih tahu > a. ArtWork, ini lebih ke keisengan saya,hehe. Yang sudah ada di blog, DIY, typography, ilustrasi (dalam cerita)

b. BePreneur, karena saya sering ikut workshopnya pengusaha (kecil saya mah) jadi pengen share beberapa ilmu di blog

c. Gardening. Ni karena hobinya ngorek tanah dan mempelajari tanaman, walaupun akhir-akhir ini berkebunnya jatuh bangun.

d. Blogging time: kalau yang ini dominannya; chit-chat (opini, true story), traveling.

Menurut pendapat dia, kreatif itu seperti ini > orang yang senang mengolah sesuatu berdasarkan hasil karya pemikirannya sendiri. Mungkin awalnya dari ketiadaan itu  sendiri. Saya juga dari kecil dibiasakan orangtua untuk nggak selalu beli-beli. Bahkan buku tulis pun saya buat sendiri dari sisa- sisa buku saya+teman yang masih ada kertas kosong di belakangnya (nasib ya). Buku sekolah saja saya catatin, saya pinjam sama teman pas liburan. Sampai-sampai saya bisa menulis dengan beragam jenis tulisan tangan. Beda-beda semua dan sekarang sih, udah gak mahir nulis tangan. Wah, perjuangan sekali ya mbak Lid.


Dan beliau memberikan tips biar jadi kreatif, yuk disimak :
- Lebih banyak mengindera; membaca, mendengar, merasakan, itu efektif untuk meraih ide.
- Biasakan mengolah sendiri, apa saja sebelum membeli.
- Sebenarnya setiap manusia kreatif, karena dia punya sisi kekurangan. Karena sisi kekurangan itu beda-beda jadi kreatifitas yang dihasilkan juga berbeda.
- Yang paling penting bagaimana kreatifitas iti bisa bermanfaat baik diri sendiri maupun orang lain, dan tidak memberi dampak buruk bagi yang lain.


Dan terakhir saya menanyakan tentang kenapa ikutan arisan link blogger perempuan dan doi menjawab > tujuan ikut arisan blog tadinya untuk menambah pertemanan di dunia maya khususnya teman blog. Nggak nyangka malah menemukan keragaman, keunikan, ilmu baru dari kawan-kawan ini. Wah, ternyata silahturahmi itu seru ya mbak Lidha, sampai ketemu lagi ya mbak ^^




38 komentar:

  1. Mengolah 'sampah baik' yang masih bisa di reuse ya. Keren. Jadi mengurangi sampah dan ikut melestarikan alam.

    BalasHapus
  2. Identik dengan kreatifitas nih Mba Lidha. Kreatif mengolah barang tak terpakai dan kreatif mendesain.

    BalasHapus
  3. Sama nih dgn aku tujuan ikut arisan link utk menambah pertemanan dunia maya..

    BalasHapus
  4. Buku buat sendiri? Keren Mbak. Kalau anak jaman sekarang apa ada ya? Setuju nih kalau membaca jadi salah satu jalan menjadi kreatif karena semakin byk membaca akan banyak wawasan yg kita dapatkan.

    BalasHapus
  5. Mba Lidhaa...
    Kreatif sekalii...

    BalasHapus
  6. Mba Lidhaa...
    Kreatif sekalii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sekali aja -_-
      sesekali aja hahaha

      Hapus
  7. Semoga benar2 bertemu ya Mbak Titis :)

    BalasHapus
  8. aah pas banget habis mengunjungi bulir jeruknya dan melanjutkan kisahnya sebagai guru di sekolah X yg mengingatkan sy pada zaman SMA hahaha
    jodoh keknya nih lanjut ke sini ketemu lagi sm bulir jeruk

    BalasHapus
  9. Blogger memang harus kreatif agar blognya tidak garing
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  10. nah aku nyerah duluan untuk arisan link, suka enggak bisa menepati jadwal psoting, hihii.

    BalasHapus
  11. Lagi belajar terus nich Titis, blogging time, mungkin kudu beljar ke Mbak Maul dulu yes,

    BalasHapus
  12. suka sama blognya Mba Lidha, "rapi dan cantik" itulah kesan pertama saya saat berkunjung kesana :)

    BalasHapus
  13. wah, inspiring mbal keren deh ulasannya dan penulisnya

    BalasHapus
  14. Saya pikir Balikpapan kota minyak. Ternyata bisa agrobisnis jg ya diaana

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain kota minyak, disana bisa agrobisnis juga mbak :)

      Hapus
  15. Wah..keren! Kreatif!


    Btw nama blognya jg unik.. 'bulir jeruk' hihi 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, nama blognya unik ya kak hehe

      Hapus
  16. Blogger Balikpapan? Wah....suami saya dari Balikpapan. Bisa nih besok-besok kopdaran sama mbaknya pas ke Balikpapan :)

    BalasHapus
  17. Hebat Balikpapan ya kota paling dicintai di dunia, saya baru dengar

    BalasHapus
  18. Salut ama mbak lidha yg mendedikasikan dirinya sbgai mompreneur, bekerja dirumah dgn penuh optimis, berkolaborasi bersama suami tercinta...

    BalasHapus
  19. setuju ama poinj ini
    Biasakan mengolah sendiri, apa saja sebelum membeli
    karena sering beli snack dan kuciwaa...jadi bikin sendiri aja :D

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D