Pengikut

Proyek Kehidupan 2014

Tidak terasa ya, tahun 2013 akan segera berakhir dan kita hanya menunggu hitungan beberapa minggu lagi lalu sudah berubah tahun. Apakah obsesimu di tahun 2013 sudah terpenuhi semua atau tidak ada satupun yang terwujud? Yasudahlah ! Jangan berkecil hati. Mari kita saling mewujudkan obsesi masing-masing di tahun depan, yaitu tahun 2014. Jika ditanya apa yang ingin kamu lakukan di tahun 2014, adakah “proyek” kehidupan yang ingin kamu wujudkan? Maka saya akan menjawab : Iya, ada ! Dan apa saja proyek kehidupanmu? Kalau saya sih, hanya fokus dalam satu proyek saja. Beginilah perinciannya :


Oh iya, proyek kehidupan yang  saat ini lagi menggebu dan menggoda saya hanya satu, ingin menerbitkan buku hasil karya sendiri, bukan keroyokan proyek bersama-sama hehe. Kok proyeknya Cuma satu sih? Ya, mencoba fokus pada satu hal. Saya berencana untuk mewujudkan proyek buku sendiri. Proyek buku sendiri maksudnya apaan sih? Kalau menurut versi saya, proyek buku sendiri diibaratkan bisa menerbitkan karya sendiri. Karya di sini mengkerucut ke buku. Ya, buku tentang perjalanan mengenai dunia tulis-menulis saya, saat saya mengenal kata BLOG. Pada postingan ini saya akan menceritakan kerangka proyek buku sendiri, dimana telah menjadi obsesi yang saya impikan sekali. Kerangka proyek buku sendiri dibagi atas beberapa susunan, dimana setiap susunan pertama ke susunan berikutnya saling berkaitan dan di sini pula akan saya hadirikan suntikan semangat melalui sebuah kata namun sangat berdampak positif buat kemajuan blogger pemula , seperti halnya saya. Beginilah kerangkanya :

-          Kerangka Pertama

            Pada kerangka pertama, saya akan menjelaskan pertama kali saya berkenalan dengan blog, dan mencoba menepis semua anggapan orang awam di luar sana yang menganggap kalau “mempunyai” blog adalah keburukan atau percuma. Kenapa saya ingin membahas tema ini pada kerangka pertama tulisan saya di buku nanti? Ya, karena saya pernah atau sering malah, mendengar kata ngapain sih lw punya blog Tis? Paradigma yang sering kita ketahui dan dengar bahwa sebagian “mereka” yang menganggap mempunyai blog adalah keburukan atau percuma, ditandai dengan mereka menganggap bahwa mempunyai blog disamakan dengan buku diary. Ya, buku diary yang berisikan curhatan pribadi dan membuka aib, yang mereka anggap bahwa sama aja menjelekkan diri sendiri di khalayak umum. Lho? Tidak semua, isi blog itu menceritakan hal pribadi saja. Kenapa saya berani mengatakan seperti itu? Kenalilah dunia blog secara “luas”, dalam arti jangan hanya berkunjung ke satu atau dua blog saja, tapi berkunjung / blogwalking lah ke sepuluh blog dalam sehari, maka kalian akan menepis kata miring yang mengatakan mempunyai blog itu sama aja percuma atau keburukan. Jujur saja, saya sebenarnya kaget dan “terlambat” saat baru mengenali blog beberapa tahun lalu. Melalui dunia blog-lah, saya banyak belajar mengenai “kehidupan”, saya sangat menghargai blogger yang bersedia menceritakan pengalaman pahitnya untuk di baca oleh khalayak umum. Namun saya akui para blogger ini telah memilki jiwa petualang dan pemberani, ya petualang yang telah mengalami “pahit” manisnya kehidupan dan pemberani di sini dalam hal tidak malu kalau kisah pribadinya di tulis dan dibuat untuk postingan di blognya. Hmm..apa kelanjutan kerangka pertama? Nanti saya pikirkan lagi ya, kira-kira segitu dulu kerangka pertama, jika nanti poyek buku sendiri saya terlaksana hihi.
       
-          Kerangka Kedua

Pada kerangka kedua di sini, saya akan berbagi cerita mengenai isi tulisan blog. Memang pada awalnya, kita membuat blog hanya ingin meluapkan “emosi” kita melalui tulisan. Tidak masalah ! Ketika kita awalnya membuat blog untuk bertujuan kesenangan pribadi, seperti ingin curhat. Jangan khawatir , jika tulisanmu selalu membahas mengenai masalah pribadimu, karena tanpa kalian sadari perlahan-lahan kualitas tulisanmu akan berubah. Namun, dalam menulis yang mengenai "hal" pribadi harus memperhatikan batas kewajarannya juga ya. Dan jika kamu sudah nyaman dengan dunia blogmu, maka kamu tidak akan takut untuk berbagi cerita untuk tema selanjutnya, seperti kisah inspiratif, mengenai hobi kamu ketika berwisata ke suatu daerah atau berbagi tips sederhana lainnya yang tentunya positif. Nah ! Tujuan pada kerangka kedua ini, saya ingin mengajak para blogger pemula, seperti saya untuk tidak malu berproduktif dalam hal menghasilkan karya berupa tulisan di blognya. Selain itu, pada kerangka kedua ini selain bertujuan untuk mengajak dalam menulis apa saja selagi masih tidak merugikan orang lain dan memberikan suntikan semangat, jika ada orang yang mengkritik mengenai tulisan kita biarkan saja, lanjutkan menulis ! Kerangka selanjutnya? Masih menyusun kata-kata lagi hehe (doakan ya semoga terwujud proyek ini). 


Ya, tetap semangat menulis dan menulis ! Mari saling berbagi melalui tulisan dan sebarkan tulisan yang positif dan bermanfaat ya  ^^




Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan : Proyek Monumental Tahun 2014



23 komentar:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan;Enam Puluh Tiga
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali Pak Dhe ^^

      Hapus
    2. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan : Proyek Monumental Tahun 2014
      Akan saya catat sebagai peserta
      Keep blogging
      Salam hangat dari Surabaya

      Hapus
  2. asiiik, semogaa terwujud ya kaa proyek 2014nyaa :D

    BalasHapus
  3. widiih ikutan proyeknya pak dhe nih... sip deh.. nge-blog lain donk sama diary tentunya yaah

    BalasHapus
  4. proyek monimental 2014... wah... sukses kakak kontesnya.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terima kasih sudah berkunjung ya :)

      Hapus
  5. Balasan
    1. Iya, terima kasih sudah berkunjung ya :)

      Hapus
  6. Balasan
    1. Yes ! Keep Blogging !

      Terima kasih sudah berkunjung ya :)

      Hapus
  7. sukses ngontesnya mbak..
    sukses juga resolusi tahun 2014nya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak :). Terima kasih sudah berkunjung ya :)

      Hapus
  8. Ide bagus tuh, fokus pada satu kegiatan utama untuk mencapai hasil sempurna :D
    Good luck kontesnya ya :D

    BalasHapus
  9. Wew ... luar biasa nih ..... sukses ya kontesnya ... proyekku apa yah ...???

    BalasHapus
  10. bikin buku yaaa? ^^ banyak bgt yg proyeknya begini. hayooo kudu semangat ya^^ join sama teman2 dan saling semangatin bikin buku.
    Moga lancaaaar^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, semangat ^^

      Aamiin...terima kasih sudah berkunjung mbak :)

      Hapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D