Pengikut

Berani Bicara : Haruskah Merayakan Hari Valentine?

sumber gambar : google
Selamat hari jumat sahabat blogger ! Siapa yang selalu mengaitkan tanggal 14 Februari dengan hari Valentine? Namun jika dikaitkan dengan hari kasih sayang yang “harus” dirayakan setiap tahunnya, kurasa tidak perlu ya ! Kenapa sih, disini saya mengambil tema “Haruskah Merayakan Hari Valentine” ? Valentine? Apa yang terbayangkan oleh kalian jika mendengar kata “Valentine” ? Cokelat? Tukeran kado ? Atau kasih sayang? 

         Jika iya, maka pikiran kalian terlalu sempit jika hanya menuju ke hari kasih sayang tersebut. Saya disini tidak akan membahas mengenai asal usul setiap tanggal 14 Februari diperingati sebagai hari kasih sayang. Pada postingan ini saya hanya ingin mengajak kalian untuk melihat “kebiasaan” “sebagian” besar orang mengenai hari Valentine tersebut. Kebiasaan pasangan yang sedang dimabuk oleh cinta. Ya, biasanya para pasangan yang sedang terlena "virus" kasmaran ini pasti menjadikan hari Valentine, hari yang harus dilewatkan bersama kekasihnya. Kebiasaan yang menyelimuti hari Valentine itu apaan aja sih?

~ Pertama, dari memberikan cokelat. Cokelat ini sudah umum sekali ya. Namun untuk kelihatan beda, biasanya selain tanda love yang menunjukan sebuah "cinta", cokelat ini dihiasi dengan sangat cantik oleh hiasan pita yang menambah manis bungkusnya. Lalu setelah dihiasi pita, biasanya cokelat tersebut terselipkan sebuah nama kedua pasangan beserta kata-kata cinta yang puitis.

~ Kedua, melakukan tukeran kado. Ya, kebiasaan kedua ini adalah tukeran kado. Dimana tukeran kado bermacam-macam isinya, bisa isinya benda kesukaan, misalnya bantal yang berbentuk love. Setiap mall di Jakarta sudah menyediakan berbagai jenis kado yang dirancang untuk membantu kalian di hari Valentine nanti, dimana kado tersebut akan diberikan kepada pasangan.

     Jadi, menurut saya jika hari Valentine itu selalu dikaitkan dengan hari kasih sayang yang harus dirayakan setiap tahunnya, ini merupakan "budaya barat" yang seharusnya kita cerna lagi terlebih dahulu. Bukankah setiap hari adalah hari kasih sayang? Ya, kasih sayang kepada sesama manusia, teman, sahabat atau orang tua :)





36 komentar:

  1. bener banget, setiap hari itu istimewa, karna setiap hari kita menyayangi siapapun, setuju mak, makasih sudah "berani bicara", dan udah ikutan GA-ku, jgn lupa daftar di link GAnya di blogku ya mak :)

    BalasHapus
  2. Hanya orang bodoh yang merayakan hari valentine, berarti dia gak tau apa-apa tentang valentine dan gak pernah baca sejarah dari valentine itu sendiri. Terimakasih mbak udah mengingatkan akan hal ini :)

    BalasHapus
  3. Dalam pesan BBM juga banyak dikirimkan pesan pesan seperti ini. Sudah lama ini tejadi namun masih saja ada yang merayakan Valentine. Semoga anak anak kita dijauhkan pada budaya merayajan Valentine ini

    BalasHapus
  4. Baru sadar kalau hari ini tgl 14 dan hari Valentine ya?
    Saya mah gak ikut-ikutan ah. Hari kasih sayang mah setiap hari saja mendingan.
    Tapi kalau ada yg mau kasih coklat sih gak bakal ditolak. Suka sih,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, saya juga mau kalau dikasih cokelat :)

      Hapus
  5. belum baca sejarah palentin ya. kalo sudah... pasti amit-amit deh. tsumma 'audzubillah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Pak, semoga cepat sadar bagi mereka yang merayakannya khusunya umat muslim :)

      Hapus
  6. hehehe....dulu waktu ngajar,sering dpt jatah cokelat

    BalasHapus
  7. Iya para pedaganglah yang sebenernya membesar bwsarkan makna Valentin agar dagangannya diserbu pembeli. Biasa deh remaja kita juga yg akhirnya jadi korban dalam budaya kapitalis ini.

    BalasHapus
  8. iya bener tuh, daripada ngikutin budaya agama lain, mending duitnya yg buat beli coklat disumbangin aja... misal disumbangin ke saya #eh maksudnya ke orang2 yg tak mampu .. :)

    mohon bantuannya ya :D http://fandhyachmadromadhon.blogspot.com/2014/02/mengenal-kampung-fiksi.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya juga mau cokelatnya :)

      Okeee kesana :D

      Hapus
  9. Euh, iya... Bagi saya merayakan Valentin itu ketinggalan jaman :D. Tapi kalau mau sekadar berburu coklat murah tak apa, mau dikasih ke saya juga gak nolak asalkan ngasihnya ikhlas gak ada udang dibalik coklat (lah, jadi membayangkan udang selubung coklat :D).

    Salam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kalau dikasih cokelat semuanya mah pada mau ya :)

      Hapus
  10. ga pernah dapat coklat ah.pohon nya trus ku dapat. gue taken di hari valentine. Udah, nggak penting, nggak usah dibahas.

    BalasHapus
  11. saya juga kurang setuju. belum pernah merayakan atau menspesialkan hari valentine. gak jauh beda dengan hari-hari biasanya bagi saya, kalau menginjak ke hari itu (seperti hari ini), yah sudah lewat gitu saja. gak terlalu mengikuti kebiasan yang sudah menjadi budaya sebagian anak muda yang belum tentu mereka paham asal muasalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm...ya setiap hari adalah hari kasih sayang ya :)

      Hapus
  12. Setiap hari saya merayakan ahri kasih sayang bersama keluarga dan orang-orang yang terdekat saja loh Mba, he,, he, he,,

    Salam

    BalasHapus
  13. seharusnya merayakan hari kasihsayang itu tidak hanya pada tanggal 14 februari saja. setiap saat bahkan setiap waktu. karna saling menyayangi pada sodara sesama muslim itu diharuskan...

    BalasHapus
  14. Setiap hari tetep harua berbagi kasih sayang dong ya. Nggak hanya hari valentine aja kali ^^

    BalasHapus
  15. setuju banget..apalagi semagai seorang muslim, ga aada ya namanya valentine...kasih sayang itu tidak perlu tanggal 14...setiap detik dan hari harus menjadi hari istimewa..menyayangi kepada Tuhan, orang tua, adik kakak, dan keluarga pastinya.

    BalasHapus
  16. setuju banget..apalagi semagai seorang muslim, ga aada ya namanya valentine...kasih sayang itu tidak perlu tanggal 14...setiap detik dan hari harus menjadi hari istimewa..menyayangi kepada Tuhan, orang tua, adik kakak, dan keluarga pastinya.

    BalasHapus
  17. Hari Kasih Sayang gak cuma sehari bagi kami berdua ^_^

    BalasHapus
  18. Setuju mbak, kasih sayang rayakanlah tiap saat. Meski hanya sekedar pelukan dan masakan sederhana untuk keluarga. bukan pesta dan perayaan tiada guna..

    BalasHapus
  19. aku juga ga ngerti kenapa pada ngerayain valentine..hha
    valentine kemarin malah aku ga ada acara khusus sama pasangan *tapi sebenarnya tetep ngarepin coklat gratis sih, tapi apa daya ga dikasih :p
    btw header blogmu bagus..warna temanya jg bagus, merah :)

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D