Pengikut

Tips : Menghindari Insomnia Setiap Hari

Halooooo semuanya, gimana aktivitasnya pasca lebaran Idul Fitri? Semoga selalu lancar dan diberikan kesehatan ya. Oh iya, pada postingan ini ingin membahas mengenai tips sederhana dari saya,yaitu menghindari insomnia setiap hari. Jika pada postingan sebelumnya, saya sudah pernah membahas Tips : Tidur Nyenyak di Malam Hari. Sudah pada tahu belum, insomnia itu apa? Insomnia adalah bisa dikatakan sebuah kebiasaan buruk seseorang yang tidak bisa tidur pada malam hari dan itu terjadi setiap harinya. Saya dulu sebelum bekerja dan saat liburan kuliah tiba, pasti tiap hari selalu begadang. Begadang disini bukan ngerjain tugas ataupun belajar, namun begadang karena insomnia efek tidak bisa tidur. Insomnia bisa dikarenakan karena efek kita gak bisa tidur ada beberapa faktor diantaranya, mata kita belum mau terpejam alias belum ngantuk atau karena efek kalian tidur siang. Bisa juga karena beberapa aktivitas mengharuskan Anda untuk begadang. Nah, bagi Anda yang setiap hari merasakan insomnia, bisa melakukan tips sederhana dari saya, yuuuuuk disimak :)
Sumber : internet



1. Mandi / Refreshlah Pikiranmu

Mandi disini, ketika kamu setelah melakaukan aktivitas seharian entah itu bekerja atau kuliah, dan merasakan rasa lelah dalam tubuhmu. Ketika rasa lelah itu menghampiri, cobalah untuk istirahat sebentar, lalu bergegaslah ke kamar mandi. Ya, mandi salah satu cara untuk menciptakan kesegaran dalam tubuh kita. Atau coba Anda untuk refresh pikiran, mau tahu cara merefresh pikiran? Silahkan baca pada postingan Yuk, Refresh Pikiranmu. Setelah kamu mandi atau refresh pikiran, maka keadaan fisik badanmu lebih baik, dan bergegaslah menuju tempat tidur. Selamat tidur nyenyak yaaaak!

2. Rapihkan Kamarmu Se-nyaman Mungkin
Ya, langkah kedua adalah merapihkan kamar-mu se-nyaman mungkin, dari kasur dan seprei yang rapi, suasana kamar dan hati juga bersahabat *eh. Sebelum bobo, alangkah baiknya jika kamar di semprot dulu biar bebas dari nyamuk, jika kamu gak bisa tidur dengan pencahayaan yang terang, cukup menggunakan lampu yanJg wattnya lebih rendah, atau bisa juga lampu di matikan. Percaya deh, kamu bisa langsung bobo nyenyak hehehe.

3. Stop Membawa Pekerjaan / Membaca Buku Ketika Ingin Cepat Tidur

Stop membawa pekerjaan ke kamar, karena jika kamu membawa pekerjaan kamu ke kamar maka pikiranmu akan terbagi dan kamu gak bisa tidur cepat alias mengharuskan kamu untuk begadang atau insomnia. Membaca buku di kamar bisa membuat kamu cepat tidur dan bisa juga membuatmu gak bisa tidur dengan alasan kamu akan membaca halaman per halaman dan tanpa terasa waktu semakin larut. Kalau saya, kurang suka baca buku ketika ingin cepat tidur. Kecuali kalau besok libur, boleh deh baca buku di tempat tidur alhasil nanti bakalan ketiduran juga hahaha.


Nah, semoga tips tersebut bisa bermanfaat ya dan selamat tidur nyenyak. Say goodbye dulu ah sama insomnia. Kalau kamu ada tips untuk menghindari insomnia? Yuuuuk ditunggu di kolom komentar :)

18 komentar:

  1. Tipsnyaaa segera dilaksanakan, biar gak insomnia lagi tiap hari hihi :)

    BalasHapus
  2. bener, kalo kamar nyaman, rapi, bersih, ga ada nyamuk, cepet bgt tidurnya :D

    BalasHapus
  3. kalau tidur jam 11-12 tergolong insomnia bukan ya mbak

    BalasHapus
  4. Emm... kenapa kalau saya mandi dan fresh malah kehilangan nafsu untuk mengantuk ya... justru otak jadi fresh dan pengen melakukan ini dan itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah. Saya malah pengen cepat" tidur mas :|

      Hapus
  5. Hai kak tis! Udh lama gak komen, hehe.. Nambah satu tips dariku nih: Jgn mikir2 hal-hal yang meresahkan hati dan jiwa *ceelah #mantaninsomnia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaaaap ! Tsaaah...curhatan banget yak

      Hapus
  6. Thanks postingannya, keberadaan TV di kamar juga mungkin menjadi salah satu penyebab ya mba dan membaca buku sepertinya bisa mempercepat tidur kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah begadang mbak kalau baca buku hihihi

      Hapus
  7. saya malah gampang banget tidur sepertinya, tapiii... *lirik gunungan kerjaan* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerjakan dulu mbak baru bobo nyenyak hehehe

      Hapus
  8. Harus dicoba tipsnya nih.
    Lagi sering banget insomnia

    BalasHapus
  9. Kamar yg rapi...
    Tidur pu nyaman...
    Huaaaammmmm...

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D