Pengikut

Yuk, Berbuat Kebaikan

Hei para blogger, gima liburan lebarannya? Semoga tetap menyenangkan ya bisa berkumpul sama keluarga besar dimana berkumpul semua di moment lebaran ini. Pada postingan ini saya ingin membahas judul mengenai "Yuk, Berbuat Kebaikan". Hmmm...yang mendasari saya untuk membuat postingan ini adalah "sebagaimana yang diajarkan oleh agama kita, bahwa berbuat kebaikan akan mendatangkan berkah". Tidak ada salahnya kan berbuat kebaikan? Disaat masih diberikan umur di dunia ini, mari kita gunakan kesempatan sempit ini untuk berbuat kebaikan. Kebaikan adalah suatu cara / perbuatan/ tindakan dimana jika kita melakukan tidak akan merugikan orang lain namun membawa keberkahan buat kita sendiri. Cara / perbuatan kebaikan itu sederhana loh, misalnya kamu menolong tetanggamu yang kecelakaan dan kamu membawanya ke rumah sakit. Bukan kah menolong orang lain merupakan perbuatan menuju kebaikan? Jika hidup di dunia ini hanya sementara, alangkah baiknya jika kita sebagai manusia memanfaatkan sisa hidup untuk berbuat kebaikan. Duh, miris sekali saya menonton acara tv dimana ditampilkan acara-acara yang tidak mendidik dimana menampilkan modus kejahatan dan semakin banyak juga kalau melihat acara di tv di daerah A sudah terjadi penculikan bayi atau apalah. Apakah yang mendasari mereka ya dalam melakukan tindakan kejahatan? Karena faktor ekonomi kah? Jika iya, maka banyak cara untuk menimalisirikan tindakan kejahatan tersebut. Saya berharap banyak dengan Pemerintahan sekarang, untuk bisa menekan jumlah pengangguran yang merajalela dengan membuka lapangan pekerjaan yang baru. Dengan demikian perekonomian bisa lebih baik. Loh, apa hubungannya sih membahas perekonomian disini dengan judul postingan ini? Jika memang mereka tidak mau berbuat kebaikan karena faktor ekonomi sehingga menyebabkan mereka berbuat kejahatan. Itulah hubungannya, dan kita kembali lagi membahas yuk, berbuat kebaikan. Berbuat kebaikan itu mudah sekali dan berbuat kebaikan itu akan membawa berkah loh dan sangat bermanfaat di kemudian hari. Begini, misalkan saat ini kamu berbuat kebaikan dengan tetanggamu, dan buah hasil kebaikanmu tidak akan datang pada saat itu pula, mugkin nanti dikemudian hari saat kamu membutuhkan pertolongan, pertolongan itu datang dari orang lain bukan tetanggamu. Nah, itulah salah satu dari berbuat kebaikan.


Jika diuraikan secara luas mengenai manfaat berbuat kebaikan, maka akan banyak sekali. Pada dasarnya, berbuat kebaikan itu akan mendatangkan berkah. Berbuat kebaikan itu sederhana loh, cukup peka dengan lingkungan sekitarmu, jika ada yang membutuhkan pertolongan atau bantuan, silahkan dibantu. Berbuatlah baik sebanyak-banyaknya, tak perlu kau risau dengan apa yang akan kamu dapatkan setelah berbuat baik. Untuk kesempatan dan waktu yang masih ada berbuat kebaikan mari gunakan waktu dengan sebaiknya, berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya. Berbuat kebaikan seperti menolong tetangga yang kesusahan, beramal, dan memberi makan kepada mereka yang kelaparan dimana untuk makan saja mereka tak punya uang. Berbuat kebaikan akan mendatangkan pahala dan menciptakan ketenangan hati. Ya, sebuah proses ketenangan hati, dimana kita merasakan kepuasan batin, dimana telah melakukan kebaikan, tidak merugikan orang lain. Selain ketenangan hati, kita akan merasakan sebuah rasa yang akan mendamaikan. Hidup yang damai, tenang hati dan jiwa, bukankah harapan setiap individu? Yuk, jangan menunggu untuk melakukan hal kebaikan. Lakukan kebaikan yang sederhana yang akan membawa kita menuju ketenangan hati dan kedamaian jiwa. Berbuat baiklah harus dilandasi dengan rasa keikhlasan dan tanggung jawab kita kepada Tuhan, yang menciptakan kita dan kepada sesama manusia sebagai wujud sosial kita dengan lingkungan sekitar. Ingat berbuat baik, tak perlu dalam jumlah yang besar, lakukan hal sederhana, ikhlas akan mendatangkan berkah yang luar biasa. Berbuat baik jangan ditunda yaaaaaaaaaaa....Yukkkkkkk, berbuat kebaikan ^^



6 komentar:

  1. Ini nyambung banget sama kejadian semalam.
    Memberi kursi, mendapatkan saudara.

    Gegara rumah makan seafood penuhnya kebangetan, akhirnya semalem berbagi tempat sama satu keluarga yg baru datang dan celingak celinguk nyari tempat duduk, kami semua jadi ngobrol dan berasa keluarga (Disaat saya gak bisa ngumpul sama keluarga gara2 gak mudik). Berkah banget, waktu mau pulang rasanya berat banget ninggalin keluarga itu padahal tadinya mereka adalah orang asing.

    Masya Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, alhamdulilah ya mbak pas gitu sama topik sama kejadian yang mbak alami :)

      Hapus
  2. berbuat baik sebagai hamba Allah Swt. salam kenal mbak :)

    BalasHapus
  3. Kebaikan memang hal yang perlu dan harus dilakukan mbak, apalagi kalau dengan hati yg tulus :)

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D