Pengikut

Tradisi Beli Baju Lebaran (Baru)

Hari raya Idul Fitri akan segera tiba, seluruh umat muslim menyambut dengan penuh syukur. Ya, setelah sebulan lamanya melaksanakan kewajiban berpuasa, hari kemenangan akan segera tiba. Hari kemenangan yang ditunggu oleh umat muslim. Ketika hari kemenangan akan segera tiba, maka kita akan meninggalkan bulan yang penuh ampunan yaitu bulan suci ramadhan. Masih ingatkan kamu, ketika masih duduk di bangku sekolah dasar, orang tua kita selalu mengajarkan mengenai "belajar berpuasa". Ya, masih teringat di benak saya, dimana saat masa-masa sekolah dasar, kita semua belajar berpuasa, dan orang tua selalu menyemangati kita, jika "puasanya full" nanti akan dibelikan baju lebaran baru hehehe. Hmmm....itulah sebuah fase pembelajaran dimana sejak dini kita sudah diajarkan oleh orang tua kita untuk hak-hal yang menuju kebaikan. Lalu, ketika usiamu sudah menginjak dewasa / baligh masih ada kah proses pembelajaran tersebut? Ya, ketika usiamu sudah baligh maka untuk tindakan dan keputusan yang kamu putuskan adalah tanggung jawabmu sendiri. Jadi, ketika tujuan kamu untuk berpuasa masih seperti anak kecil dimana agar dapat baju lebaran baru itu adalah tradisi yang salah. Kenapa sih, postingan ini saya membahas mengenai tradisi beli baju lebaran (baru) ? Ya, tanpa disadari beli baju lebaran baru sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Apalagi jika mendekati H-10 terakhir di bulan suci ramadhan, maka akan terlihat volume di suatu tempat pembelanjaan akan semakin sesak dan penuh dimana akan banyak obralan diskon yang bertebaran dan tanpa disadari sudah banyak borong baju hihihi


Memang, untuk tradisi beli baju lebaran (baru) tidak bisa dihilangkan, namun tradisi tersebut bisa kita minimalisirkan intensitasnya dengan tidak berbelanja secara berlebihan. Ya, kita sebagai umat muslim, disaat ada moment "istimewa" akan berlomba-lomba untuk menjadikan diri kita menjadi lebih baik, rapi dan istimewa daripada biasanya. Namun, alangkah baiknya jika kita bisa memanfaatkan baju lama yang masih layak pakai dan bagus untuk digunakan di hari raya Idul Fitri. Jika memang harus beli baru, semoga kita bukan-lah orang yang berbelanja secara berlebihan namun lebih ke arah kebutuhan tidak keinginan semata. Bukankah sah-sah aja jika ingin tampil "sempurna" dengan baju lebaran baru ? Iya, itu hak setiap individu. Namun, ingatkah hakekat menyambut hari kemenangan adalah mensucikan hati dari hal-hal yang mampu menghapus pahala. Bersihkan hati dari rasa dendam, sulitnya memaafkan hingga ketidakikhlasan. Karena pada dasarnya, yang paling penting dari menyambut hari kemenangan adalah rasa syukur. Semoga bulan yang penuh berkah ini akan memberikan kita dampak positif bagi setiap individu yang sudah menjalankan puasa selama sebulan penuh, lebih mensyukuri nikmat dan karuniaNya dan semoga kita semua umat muslim masih bisa bertemu dengan bulan yang penuh berkah di tahun mendatang hingga seterusnya aamiin. Semoga diri ini selalu sehat, dan panjang umur untuk orang-orang yang kita cintai keluarga, orang tua dan kaum muslim. ^^ Rasanya....kita lebih sedih ketika tidak beli baju lebaran dibanding meningkatkan kualitas ibadah kita di detik terakhir ramadhan tahun ini? Yuuuuk, masih ada sisa waktu yang bisa digunakan untuk beribadah dan meminta ampun kepadaNya dibandingkan sibuk dengan beli baju lebaran baru hihiihihi.


Kalau kamu masih suka berbelanja baju lebaran kah?

8 komentar:

  1. Dulu waktu kecil, memang sering sih dibelikan baju lebaran. Tapi semakin besar malah nggak mau, karena baju lebaran (biasanya baju muslim panjang) jarang bisa dipakai. Jadi, lebih prepare mix match baju lama yang sudah ada. Lagian kalo menjelang lebaran, mall suka penuh dan bikin galau, nggak bisa belanja dengan tenang rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, memanfaatkan yg ada ya mbak :)

      Hapus
  2. تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ صِيَمَنَا وَ صِيَمَكُمْ وَجْعَلْنَا مِنَ الْعَائِدِين وَالْفَائِزِين

    BalasHapus
  3. anaka-anakku malah gak ngerti belibaju lebaran :)

    BalasHapus
  4. kita jaraaang beli baju lebaran...edisi pakai baju yang sama mix and match aja :)

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D