Pengikut

Tips : Menjaga Berat Badan Pasca Lebaran

Selamat merayakan hari raya Idul Fitri ya sahabat-sahabat Blogger ^^

Gimana acara lebarannya? Pastinya, seru dan menyenangkan ya. Pada umumnya, acara lebaran diisi dengan kegiatan silahturahmi dari rumah saudara A  ke saudara lainnya. Tujuannya, adalah untuk saling bersalaman dan bermaaf-an. Ketika berakhirnya puasa di bulan ramadhan, maka kita akan menyambut hari kemenangan. Pasti para blogger, ketika menyambut hari kemenangan sudah menyiapkan berbagai makanan yang akan disajikan nanti saat hari kemenangan seperti opor ayam, rendang, sambal goreng ati dan lain-lain. Selain menu pokoknya, kita tak juga lupa sajikan makanan ringan seperti nastar, kue putri salju, wafer, ataupun yang lainnya. Setiap orang pasti mempunyai ciri khas dan makanan kesukaannya.



Eits...meskipun sudah tak lagi berpuasa, sahabat blogger harus ingat dengan pola makan pasca lebaran ya. Tanpa dipungkiri, ketika sudah tak berpuasa lagi maka sebagian orang akan berlomba-lomba untuk makan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan berat badan. Ya kan? Ketika lebaran sudah tiba, sebelum / sesudah sholat IED maka kita akan sarapan dengan masakan yang sudah dimasak, seperti opor ayam, rendang dan ketika masuk jam makan siang, perut pun sudah mulai berdendang dan kita putuskan untuk makan kembali. Selang beberapa jam kemudian, kita mulai "gatal" dengan kue-kue di toples dan sangat menggoda untuk dimakan.




Meski hanya ngemil kue nastar ataupun lainnya, jika tak di stop maka akan habis tuh kuenya setoples hehehe. Nah, untuk mencegah berat badan yang semakin melar pasca lebaran, maka saya akan berbagi tips sederhananya. Mau tahu tipsnya? Yuk disimak



1. Jangan Semua Makanan di Makan dalam Waktu Dekat

Ya, ketika puasa lalu kita memang hanya diperbolehkan makan saat sahur dan berbuka hingga memasuki waktu sahur berikutnya. Untuk pagi, siang sampai sore pun kita tidak boleh makan dikarenakan sedang melakukan puasa. Hmm...nah, saat lebaran tiba, kita tak boleh makan semua makanan dalam waktu dekat.


Dalam arti begini, kamu mau makan rendang+nasi di jam 10 pagi, 2 jam kemudian kamu makan lagi dan satu jam lagi kamu ngemil kue ringan seperti nastar. Maka, dapat dipastikan berat badanmu akan bertambah. Jadi, tetap atur pola makanmu di jam-jam tertentu, jangan langsung balas dendam gitu ah makannya *eh

2. Hentikan Ngemil Sebelum Kenyang

Loh kok, hentikan ngemil sebelum kenyang maksudnya apa sih? Gini, sebagian dari kita gak sadar saat sedang ngemil, dan tanpa disadari sudah setoples nastar habis. Ingat, berhentilah sebelum kenyang, selain menjaga berat badanmu bertambah juga  menjaga pola pencernaan yang harus beradaptasi, biar gak kaget. Toh, pada dasarnya, jika kamu langsung "hajar" perutmu dengan nafsu makananmu, dapat dipastikan pencernaanmu akan mulai terganggu juga *pengalaman pribadi* hikssssss..

3. Jangan Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Instant

Ya, tanpa disadari ketika sudah memasuki H+2 lebaran, maka kita mulai "bosan" dengan makanan yang itu-itu aja dan kita mencari jalan keluarnya yaitu dengan mengkonsumsi mie, bakso ataupun makanan siap saji lainnya. Nah, tanpa disadari pula kita menambahkan sambal/ saos yang banyak. Ingat, pencernaan dan perut kita perlu adaptasi loh.



Dan saat kita makan makanan instant, untuk jumlah yang sedikit dan tak terlalu banyak juga jadi sangat memungkinkan kita untuk cepat lapar di jam berikutnya dan alhasil kita makan mulu deh dan timbangan pun semakin berat *eh


Memang, secara siklus ada orang yang saat berpuasa berat badan akan menurun dan akan bertambah kembali pasca lebaran, namun yang harus anda ingat pasca lebaran, jangan sampai berat badanmu semakin bertambah karena pola makanmu yang tak terjaga. Jangan berlebihan makannya, bukankah berat badan stabil lebih baik daripada dibilang kurus ataupun gemuk?


12 komentar:

  1. ngemil sih aku kurang mbak, Semoga kita sehat-sehat setelah lebarna ini ya

    BalasHapus
  2. aku langsung perbanyak sayur, buah dan air putih lagi maaak...makanan lebaran memang gawaat :)

    BalasHapus
  3. Haduhhhh gawat nih. Hahaha... Baru ngabisin setoples kastengel dong sambil ngeblog barusan. Ntar malem berarti makan yang ringan aja ya hahaha *merasa bersalah deh*

    BalasHapus
  4. aduhh ga bisa berhenti ngunyah nihh

    BalasHapus
  5. Huaaahh.. ini aja berat badan udah nambah sepertinya :D
    *godaan kue kering*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, godaannya menarik ya mak kue kering :D

      Hapus
  6. Ini dia tantangannya, setelah lewati Ramadhan 1 bulan penuh, seperti balas dendam di 2 hari Lebaran dan godaan kue2 yang tersisa setelah itu.Thanks tipsnya mba.

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D