Pengikut

Tips : Merampingkan Alexa Rank

       Alexa rank ? Pasti para blogger sudah tak asing lagi mengenal nama satu ini. Setiap saya blogwalking dari satu blog ke blog yang lainnya, widget alexa rank selalu terpampang. Entah di posisi kiri atau kanan sidebar blog dan ada juga yang memasang alexa rank di posisi paling bawah blog, seperti halnya saya. Hmm...alexa rank itu apa sih? Kalau saya sering mengibaratkan seperti statistik blog, yang menampilkan ranking global dan Indonesia.

Saya pun belum terlalu mengerti arti sesungguhnya jika menggunakan alexa rank ini, namun bisa jai tolak ukur saya dalam mengukur konsistensi dalam ngeblog. Itu bisa terlihat dari status alexa saya, apakah melebar atau meramping angkanya. Jika alexa semakin meramping maka akan semakin bagus di “mata” statistik blog, namun jika alexa semakin melebar maka tidak terlalu bagus blognya dalam hal statistik ini loh...hanya statistik saja !

         Saya baru aktif ngeblog setahun yang lalu, tahun 2013. Dimana bisa terlihat dari tema postingan yang semakin variatif dari tahun sebelumnya. Dan jumlah komentar pun lumayan banyak juga, itu tidak terlepas dari promosi blog ke satu komunitas ke komunitas lainnya. Hmm...berikut adalah tips sederhana versi saya dalam merampingkan alexa rank :

  •         Update Blog Setiap Hari
        Update blog setiap hari adalah cara pertama untuk merampingkan alexa rank. Ya, kalau bisa kalian update postingan setiap hari dan lakukan secara teratur. Lalu, kalau lagi sibuk gimana cara update setiap harinya? Saya punya jalan keluarnya dan ini sering saya terapkan untuk postingan di blog. Lakukan menulis di word atau draft ketika ide lagi bermunculan di permukaan.


Misalnya, saat kamu lagi mempunyai waktu luang, semptkan seharian untuk menengok sebentar blogmu. Jika tidak ada ide, kamu bisa melakukan blogwalking. Dan ketika ide sudah ada lalu tuliskan di word dahulu kemudian kamu copy ke entri postinganmu kemudian buatlah jadwal postingan. Jadwal postingan di sini maksudnya, mengatur waktu postingamu untuk terpublish ke publik. Istilahnya menjadwalkan postingan. Nah !


Dengan demikian, ketika kesibukan sedang melanda kamu tidak usah pusing memikirkan sudah update blog belum ya hehehe. Dan dapat dipastikan jika kamu lakukan setiap hari dan rutin maka alexa rank akan semakin ramping.
  • Blogwalking
        Blogwalking alias berkunjung ke blog lainnya, akan merampingkan alexa rank. Blogwalking adalah cara keduanya. Blogwalking ke blog orang selain akan merampingkan alexa, kamu akan menambah wawasan kan, karena postingan satu orang ke postingan lainnya akan berbeda dan belajar juga cara penulisannya.



Dan yang harus kita ingat, jika kamu sudah dikunjungin orang lain maka kamu secara wajib harus mengunjungi kembali blog orang tersebut, itu prinsip saya. Karena, semakin sering kamu blogwalking, maka semakin banyak orang yang kamu kenal meski baru di dunia maya hihihi.
  • Promosi ke Komuitas Blog
       Pasti dong, setiap blogger mempunyai wadah untuk promosi blognya seperti komunitas blog. Komunitas blog bermacam-macam, kalau saya sering promosi blog ke twitternya @Warung_Blogger, @bloofers_group, @KumpulanBlogger , @updateblog , dan @Emak2Blogger. Dapat dipastikan jika kamu sering promosi ke komunitas blog tersebut maka pengunjung blogmu semakin meningkat jauh. Saya pernah waktu itu sehari tembus 500 soalnya blog saya kan masih biasa aja hehehe.


Jadi, mudah kan cara merampingkan alexa rank . Tidak perlu cara instan, karena berproses dengan waktu itu akan mengajarkan kalian caranya bersabar dan berusaha ^^


Alexa rank saya per 17 Januari 2014 adalah sekitar 360.005 , kalau kamu berapa? Padahal, saat memasang tahun lalu pernah menyentuh angka 3 jutaan loh hihihihi. Tetap semangat ngeblog dan berbaginya ^^

25 komentar:

  1. wuih ... keren ........ pntes alexanya mb titis sudah langsing :D

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah alexa sudah sdikit langsing meskipun update nya setiap 2hari sekali :)

    belum sanggup setiap hari..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, intinya kan alexanya makin ramping ya mbak :)

      Hapus
  3. wiih update setiap hari.. bisa enggak ya akuuu.. hihihi ^^

    BalasHapus
  4. makasiih mak Titis untuk tipsnya ^^
    alexa blog ku masih blm ramping mak :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mak :)

      Mari kita rampingkan alexa masing" hehehhe.

      Hapus
  5. Nice tips, Mak! Alexa rank ku dl sempat ramping di angka 200 ribuan, eh skrg malah melebar lagi, kudu ngikutin tips Mak Titis lagi deh ini. :)
    Trims for the tips yaaa. Btw, ikutan challenge #1day1post juga yaaa? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mak Al :)

      Hehehe, ini lagi tahap belajar konsisten menulis aja Mak :)

      Hapus
  6. bener banget makin rajin nulis makin ramping ..:) selamat ngeblog mbak titis

    BalasHapus
  7. Karena yg didapet instan, tahannya juga instan juga.

    BalasHapus
  8. Aku masih belum terlalu ngerti tentang beginian, hehe. Ternyata kalau di Alexa semakin ramping semakin baik toh... Baru tahu :D

    BalasHapus
  9. jadi gak perlu minum ramuan gitu biar langsing ya. hihiww

    BalasHapus
  10. wah punyaku masih 11 juataan... soalnya updatenya aja jarang hahahaa....
    oya mbak. punya mbak sekarang dah turun lagi jadi 337.xxx hebat

    BalasHapus
  11. Lumayan dapat ilmu baru, tinggal dipraktikkan. Berarti kalau aku komentar begini, otomatis nanti bakalan dapat kunjungan balik, ya?

    BalasHapus
  12. thanks infonya sis, semoga tipsnya berhasil, utk newbie

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D