Pengikut

Waspada, Nyamuk dan Demam Berdarah !

        Hei Januari, apakah ini musim mu? Ya, musim hujan sedang mengintai seluruh daerah di Indonesia. Tidak hanya di Jakarta, namun di berbagai daerah lain juga sedang berduka, diantaranya : Jawa Barat yang menyeliputi Serang, Bekasi, Cirebon dll. Di Jawa Tengah pun kondisinya sama seperti Semarang, Demak, Pati dll hingga menyerempet ke Manado. Tak bisa dipungkiri jika daerah-daerah tersebut banjir dikarenakan oleh curah hujan yang deras dan ada tanggul yang jebol. Oh iya, musim hujan seperti ini sangat rentan dengan penyakit demam berdarah ya.

         Tidak perlu melihat ke luar alias got untuk melihat nyamuk hehe. Soalnya, nyamuk sangat eksis sekali ketika musim hujan ini. Coba kalian tengok di sekitar kamar atau ruang tamu rumah, pasti ada nyamuk-nyamuk yang berterbangan ke sana-sini untuk “menghirup” darah manusia. Di sekitar rumah saya, nyamuk lagi menarik pehatian nih, itu terlihat dari banyaknya nyamuk setiap malamnya. Nyamuk kecil itulah yang sedang berlalu-lalang di kamar saya. Bagaimana di tempat kalian, banyak juga kah nyamuknya? Nyamuk sangat suka tempat yang lembab dan kotor. Bukan berarti kamar saya kotor ya, cuma belum dibersihkan saja dan saya kalau lagi lelah kadang suka-suka saja menaruh barang di tempat yang paling dekat dijangkau eh ternyata menyebabkan jadi berantakan deh ruangan kamar saya. Dan yang paling besar kemungkinan, nyamuk bermain ke kamar saya adalah karena kamar saya selalu terbuka, toh pada dasarnya saya tidak pernah mengunci kamar saya kecuali pas mau tidur saja (malam hari). Dan jendela pun saya buka, dengan bermaksud ada cahaya matahari yang masuk biar udara di kamar saya tidak lembab. Nah ! Karena hal tersebut maka nyamuk-nyamuk pun sangat bebas keluar masuk kamarku hihihi. 

        Jadi, waspada terhadap nyamuk ya ! Karena gigitan nyamuk akan berdampak negatif ke kita misalnya, bentol-bentol. Selain itu, gigitan nyamuk juga bisa menyebabkan penyakit demam berdarah. Lalu, bagaimana cara mencegah biar tidak digigit nyamuk? Cara sederhananya adalah dengan menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kita. Lakukan fogging atau penyemprotan secara manual. Banyak kok di supermaket yang menjual “pembasmi” nyamuk, jadi tinggal pilih saja sesuai dengan keinginan. Kalau saya, sebelum tidur selalu menyemprot kamar dengan pembasmi nyamuk yang berinisial “B”, lalu diamkan sebentar sekitar 30 menit biar semprotan tersebut ampuh untuk membasmi nyamuk. Atau bisa juga menggunakan lotion yang katanya bisa membuat nyamuk enggan mampir ke kulit kita karena aroma lotion tersebut membuat nyamuk tidak mau mampir ke kulit kita. Dan cara alaminya adalah dengan menyediakan tanaman lavender, aroma lavender tersebut bisa menyebabkan nyamuk pada “kabur”.



Kesimpulan pada postingan ini, tetap jaga kebersihan lingkungan di sekitar kita dan kesehatan juga ya ^.^


25 komentar:

  1. jadi inget dulu wktu msh sekolah di MI terserang penyakit DB .... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah tahu dong apa saja gejalanya ? Yuk ! Jaga kesehatan ya :)

      Hapus
  2. Waah bener mbak titis, musim penghujan gini, memang bikin nyamuk merajalela lho,,,saya sebelum jam 6 sore wajib tuh tutup jendela dan pintu trus langsung semprot2,,, biar nyamuk kabuuurr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, wajib menyemprot ya mbak :) , biar nyamuknya pada kabur hehe

      Hapus
  3. Bener banget ni mb titis.. anak teman saya di bogor juga sedang dirawat karena DB. Jadi emang ga cuma musim hujan, musim nyamuk DB berkembang biak juga sepertinya di bulan ini. Dulu pernah ada penyuluh kesehatan dr puskesmas ke rumah memberi tahu beda jentik DB dengan nyamuk biasa.. Dan ternyata nyamuk DB juga suka bertelur di air bersih dan tempat-tempat tak terduga seperti vas bunga, dll..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, harus jaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan ya :)

      Yuuuuk bersih-bersih :)

      Hapus
  4. Untuk kita sebagai masyarakat yang menjadi korban langsung atau tidak dari banjir, saatnya kita lebih disiplin dalam menjaga lingkungan kita dengan yang paling gampang jangan buang sampah sembarang, rajin membersihkan selokan disekitar kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaa setuju ! Mari kita bersihkan selokan di sekitar kita :)

      Hapus
  5. jadi inget lagu: Banyak nyamuk di rumahku..gara-gara kamu,
    malas bersih-bersih hehe..
    so.. harus rajin-rajin ngbersihin rumah tuh biar gak banyak nyamuk
    follow back ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ! Benar tuh lirik lagunya , jadi harus bersih" :)

      Iya, sudah ya :)

      Hapus
  6. di rumah aku mah nyamuk gak kenal musim ka >.<
    tapi jadi udah biasa ketemu nyamuk [jadi gak ngerasa keganggu lagi :p]

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, tapi harus tetap waspada juga ya takutnya gak kerasa eh DB :|

      Hapus
  7. dl waktu kelas 2 SMA kena DB, awalnya di fonis dokter tipes tapi udah seminggu panasnya ga sembuh2 dan di minggu kedua muali ada darah keluar dari hidung. ngeliat itu nyokap panik dan ga langsung di bawa ke RS fatamawati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biasanya sakit DB dibilang kena tipes dulu padahal gejalanya berbeda ya .

      Hapus
  8. iya mbak bener tuh, udah gitu nyamuknya masih kecil2 pula, susah ditaboknya -_-

    BalasHapus
  9. di rumah juga selepas hujan jadi banyak nyamuk. Waah harus waspada ini >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, waspadalah terhadap nyamuk yang berkeliaran :)

      Hapus
  10. Hujan yang tiada henti, nyamuk pun berkeliaran.
    Harus jaga kesehatan dengan maksimal.
    Nice sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Indah :)

      Terima kasih sudah berkunjung ke sini :)

      Hapus
  11. musuh setiap malam nih. ganggu tidur. apalagi dengingannya itu. uaahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ! Mari basmi nyamuk biar tidurnya nyenyak :)

      Hapus
  12. Ditambah cuaca yg ga bersahabat, imunitas tubuh makin berkurang, dan DB ini emang jadi salah satu ancaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi jaga kesehatan selagi musim hujan :)

      Hapus
  13. kesimpulannya penting banget tuh :D

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D