Pengikut

Tips : Mengatasi Rasa Malas


Hai...hai..gimana keadaan cuaca di tempat kalian? Kalau di Jakarta lagi musim hujan nih. Tetap jaga kesehatan ya dan hati-hati dalam melangkah ketika hujan turun. Dan jangan lupa mempersiapkan perlengkapan pendukungnya ya, seperti payung, jas hujan dan minum vitamin ya sebagai penopang daya tahan tubuh. Yuk ah, kita sharing mengenai mengatasi rasa malas. Hayoooo siapa yang mempunyai sifat malas? Ya, setiap manusia pasti pernah berhubungan dengan kata malas. Malas menurut kamus lengkap bahasa Indonesia adalah tidak mau bekerja atau berbuat sesuatu. Ternyata malas itu sebuah penyakit ya, dimana harus diberantas dan disembuhkan. Lalu obatnya malas apaan tuh? Obat malas sih, kalau menurut saya simpel yaitu dengan adanya pergolakan dari kita sendiri. Pergolakan di sini adalah melawan rasa malas.

Jika kita membahas rasa malas, pasti selalu terhubung dengan alasan. Ya, begitu banyaknya alasan yang terlontar untuk kita melakukan kemalasan. Misalnya, ketika hari libur atau weekend pasti banyak sekali yang malas mandi, termasuk saya *eh. Malas mandi itu hal biasa, namun sangat tidak wajar ketika menjadi sebuah kebiasaan, ya kebiasaan buruk. Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa malas tesebut? Nah ! Di sini saya akan berbagi tips untuk mengatasi rasa malas (versi saya loh). Berikut adalah tips sederhananya :
  •        Niat
       Pasti kalian setuju dong, ketika kita ingin berbuat / melakukan sesuatu pasti hal yang diutamakan adalah niat. Niat adalah faktor utamanya untuk mengatasi rasa malas. Mari kita niatkan untuk berubah diri dan memberantas kemalasan sedikit demi sedikit. Untuk mengatasi rasa malas ini tidak bisa berubah secepatnya, namun lebih kearah perlahan-lahan. Contoh sederhananya adalah ketika kamu biasanya malas untuk makan karena lagi sibuk dengan deadline, seharusnya harus dilawan, kenapa? Ya, ketika sudah lapar melanda dan rasa malas akan menghampiri bisa dipastikan akan  berdampak negatif yaitu penyakit maag akan menyerangmu. Niatkan untuk berubah ! Jangan malas makan, mandi dan lain-lain. Niat baik akan mudah terlaksana (InsyaAllah), jadi semua kegiatan harus diniatkan dan hilangkan kata malas ya dari kehidupanmu.
  •        Bertindak
     Cara mengatasi rasa malas yang lain yaitu dengan bertindak . Lakukan dari sekarang dan dimulai dari diri sendiri niscaya semuanya akan terasa berbeda dan rasa malas akan sedikit demi sedikit berkurang. Jadi, bertindak lah ! Karena bertindak akan mendorongmu untuk melakukan aktivitas yang positif dan mengurangi rasa malas. Jangan pernah menund-nunda untuk melakukan sesuatu, karena ketika kau menunda maka rasa malas tersebut sudah berhasil menyerangmu. Saya pun lagi belajar untuk tidak malas ngeposting dan mencoba untuk menulis meski hanya beberapa baris saja hehehe. Contoh yang lain adalah ketika kita lagi ada tugas sekolah eh lama-kelamaan rasa ngantuk pun tiba secara otomatis rasa malas akan menghampiri juga dengan berkata nanti saja mengerjakannya , kan masih ada waktu dini hari ketika kamu tebangun dari tidur. Pengalaman saya pribadi, biasanya saya kalau sudah tertidur akan pulas dan susah untuk bangun di jam-jam satu atau dua pagi, alhasil saya pun jadi tidak mengerjakan tugas tersebut di rumah eh malah di sekolah *pengalaman buruk* :p


Jadi, tips mengatasi rasa malas itu hanyak dua saja (menurut saya) yaitu  dengan niat dan bertindak. Niat untuk melakukan sesuatu dengan segera lalu bertindak tanpa menunda-nunda lagi ya ! Semuanya kembali ke pribadi masing-masing, masih mau berteman dengan malas atau bersahabat dengan rajin? Pilihan ada di tanganmu sendiri ! Stop kemalasan dari diri sendiri ^^


18 komentar:

  1. bener banget mbk,kalo dah males memang rasanya pewe bangetttt g mau ngapa2in...makannya harus gerak dan bertindak,kalo diem aja sampe sore ya gitu2 aja hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. super sekali mbak Hana hehehe :)

      Hapus
    2. Setuju sama Mak Hana dan Mak Rani..... Disini hujan sehariiiiaaaan mak,, Jadinya ya gitu pengen malas2an ahahhaah

      Hapus
    3. wah, Mak Tina salah kamar kayanya . Aku Titis :p

      Hapus
  2. Wah ini yang patut dicoba.. Aku sering ngerasa males soalnya, apalagi kalo udah kehabisan ide buat nambah artikel di blog :v

    BalasHapus
  3. Harusnya satu lagi, yaitu: jangan mau malas...

    BalasHapus
  4. malas adlah penyakit nomer 6 paling berbahaya di indonesia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyakit nomer 1-5 pasti penyakit beneran ya :p

      Hapus
  5. Malas, virus yang paling berbahaya... *jauhkan Ya Allah, jauhkan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga virus malas ini jauh" dari kita ya :)

      Hapus
  6. Malas itu susah bgt dihilanginnya huh! semangat ;9

    BalasHapus
  7. yang malas gerak atau move on dari kasur dikitikin aja.
    hahaa

    BalasHapus
  8. Malas memang penyakit berbahaya dan bisa mematikan seperti malas bernafas, malas berdetak :D

    BalasHapus

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D