Tips : Aman dan Nyaman Saat Mudik

Haloooo para blogger ^^

Sumber : internet
Ada rencana mudik kah tahun ini? Jika ada, alangkah baiknya simak tips sederhana saya, untuk menciptakan mudik yang aman dan nyaman. Sebelum, melanjutkan pembahasan mengenai mudik lebih lanjut, sudah tahukah Anda jika tradisi mudik sudah menjadi langganan di Indonesia menjelang hari raya khususnya hari raya Idul Fitri. Mudik adalah tradisi yang menyambung kembali tali silahturahmi, dimana yang biasanya tidak pernah ketemu selama berbulan-bulan bahkan tahunan dan kembali dipertemukan saat hari suci dan kemenangan yaitu hari raya idul fitri. Mudik itu semacam fenomena setahun sekali dan melalui perjalanan mudik-lah kita banyak belajar. Jika kamu akan mudik ke daerah Jawa Tengah, maka tak akan asing dengan jalur Pantura ataupun lainnya. Melalui mudik, kita belajar mengenai kesabaran dimana saat jalanan padat merayap ataupun tak bisa bergerak, panas sudah pasti, pegal iya karena perjalanan yang jauh. Namun, semuanya itu akan terbayarkan jika sudah sampai di rumah saudara, bertemu dengan sanak saudara ataupun orang tua. Untuk tahun ini, para blogger pada mudik kemana? Dan postingan ini saya akan berbagi tips sederhana untuk menciptakan mudik yang aman dan nyaman, postingan ini terinspirasi dari mudik tahun lalu dan semoga bermanfaat !

Tips : Aman dan nyaman saat mudik itu meliputi :

1. Prepare untuk Transportasi
    Prepare disini adalah menyiapkan transportasi, entah menggunakan transportasi umum ataupun pribadi. Jika menggunakan transportasi umum, maka 90 hari sebelumnya, kamu sudah berburu tiket kereta api, dan bagi yang mudiknya menggunakan jalur udara maka harus merogoh kocek yang cukup besar karena tiket pesaat menjelang libur lebaran hargnya "meroket" hehehe. Untuk kalian yang mudik menggunakan jalur darat entah menggunakan bus, kereta api ataupun kendaraan pribadi dan yang menggunakan jalur laut dan udara tetap hati-hati yak di jalan. Siapkan tiketmu sebelum berangkat, lakukan proses pengecekan apakah tiket yang akan mengantarkanmu ke tempat tujuan sudah dibawa. Jika sudah siapkan tiketmu, jangan lupa datang satu jam sebelum pemberangkatan, hal ini berguna supaya kamu tidak terlambat. Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, mobil atau motor jangan lupa dilakukan pengecekan untuk bagian mesinnya, sparepartnya ataupun yang lainnya. Usahakan koordinasikan ke bengkel agar selama perjalanan mudik tidak terganggu untuk urusan mesin mati ataupun yang lainnya. Jangan lupa bawa ban serep ya jika di tengah jalan terjadi kebocoran dan bengkelnya tidak terjangkau untuk tempatnya.

2. Prepare untuk Stamina hingga Kesehatan Diri
Untuk tips yang kedua adalah mengenai stamina hingga keseahatan diri. Eitssssss....untuk mudik tahun ini jangan lupa untuk menyiapakan stamina diri ya. Dalam arti, jika kamu termasuk orang yang mabok darat, maka alangkah baiknya bisa mempersiapkan diri dengan membawa obat-obatan. Sebelum mudik, sebaiknya bisa tidur secukupnya. Menjaga kesehatan diri itu penting, bisa di lakukan yaitu dengan mengkonsumsi sayuran ataupun buah-buahan dan minum vitamin C ya biar daya tahan tubuh tak mudah lesu.

3. Prepare untuk Keuangan dan Sehari-hari
Apasih maksud dari tips yang ketiga? Maksud saya adalah mengenai keuangan, bisa memanage anggaran yang akan digunakan untuk mudik, persiapkan uang secukupnya, tidak perlu membawa uang tunai secara berlebihan, jika alasanya adalah susah menemukan atm selama perjalanan mudik, mungkin sebagian uang tersebut bisa dipisahkan. Dan yang sehari-hari adalah jangan lupa bawa powerbank untuk mengecas smartphonenya, bawa makanan / snack yang bisa membuatmu mengenyangkan seperti roti ataupun chiki dan permen untuk ngemil biar tidak terlalu asem mulut kita.


Untuk tahun ini, saya akan merasakan ketenangan dan kedamaian Jakarta, alias tidak mudik hehehe. Dan saya berpesan untuk para blogger yang sedang melakukan perjalanan mudik, hati-hati di jalan dan tetap jaga kesehatan. Salam untuk keluarga di kampung halaman dan selamat merayakan hari raya Idul Fitri dengan penuh syukur, bahagia dan kerendahan hati.



~ Mohon maaf lahir dan batin ~

13 komentar

Yuk berkomentar di blog saya, saling berbagi informasi untuk orang lain juga :)

Mohon untuk tidak berkomentar dengan menggunakan link hidup :)

Terima kasih sudah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya di blog kalian ya :D